Dewan sarankan PDAM belajar ke Surya Sembada

Komisi II DPRD Kalsel ketika Berkunjung ke PDAM Surya Sembada

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Komisi II DPRD Kalsel mengajak segenap Direksi PDAM Bandarmasih dan Intan Banjar untuk belajar ke PDAM Surya Sembada Surabaya (Jawa timur), karena sistem tatakelola dan pengolahan dari sumber mata air baku sehingga layak minum ketika sampai kepelanggan menjadi pertimbangan.

Baca juga=PDAM sesuaikan tarif, tingkatkan Pelayanan

Bacaan Lainnya

“Semua itu demi peningkatan mutu layanan kepada pelanggan, bukan sebaliknya air keruh,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo

Ia menambahkan, sejauh ini kualitas air dari PDAM Surya Sembada ini bisa diminum langsung dari kran, melihat fakta ini jelas perlunya belajar dan mengkajinya guna perbaikan pelayanan demi kepuasan pelanggan.

“Selama ini masyarakat keluhkan pelayanan di dua PDAM ini,” terangnya

Lanjut politisi PDIP ini, kami berharap bahwa pelayanan PDAM ditempat kita semakin baik artinya ketika pelanggan membuka kran air yang dikeluarkan layak konsumsi bukan sekedar air layak Mandi saja. Kemudian sambung Imam yang menariknya adalah haga air di PDAM Surya Sembada terendah se Indonesia hanya Rp. 600/meter kubik untuk masyarakat kecil. Dan harga rata-rata hanya sebesar Rp.2700/meter kubik untuk menengah keatas. Berbeda di banua kita di Kalsel harga terendahnya saja sudah mencapai Rp.2000 per kubiknya.

” Ini menjadi contoh real agar kedepan pelayanan serupa bisa diterapkan di PDAM di Kalsel,” harapnya

Kemudian perlu diketahui juga bahwa PDAM di Surabaya mampu memberikan kontribusi besar terhadap Pendapatan Asli Derah (PAD) Surabaya melalui pembagian deviden yang mencapai Rp 132 Milyar di tahun 2019 dengan target Rp 137 Milyar di tahun 2020.

Baca juga=PDAM sesuaikan tarif, tingkatkan Pelayanan

“Kit betul-betul mengharapkan bisa mengabil contoh bagi perusahaan-perusahaan daerah lainnya di Kalimantan Selatan, khususnya PDAM Bandarmasih dan PDAM Intan Banjar,” pungkasnya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait