Baksos jalin Persatuan dan Perdamaian

BAKSOS - Tiga ormas pemuda di kabupten Kapuas saat melaksanakan baksos di tiga rumah ibadah, Jumat (14/2).

Huma Betang sebagai Pemersatu

—————-

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com– Tiga ormas pemuda di kabupten Kapuas, melaksanakan bakti sosial (Baksos) membersihkan rumah ibadah secara bersama-sama.

Ketiga ormas itu adalah Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Kapuas, Barisan Pertahanan Masyarakat Dayak (Batamat) dan Pemuda Pancasila.

Baca juga=Baksos TKSK se Kalsel Digelar di Tanbu

Boksos yang dilaksanakan pada Jumat (14/2) mulai pukul 07.30 WIB itu, membersihkan tiga rumah ibadah yaitu masjid, gereja dan balai basarah Hindu Kaharingan.

Adapun rumah ibadah itu adalah masjid Riyadhul Jannah jalan KS Tubun, Gereja Katholik Santo Paulus jalan Piere Tendean dan Balai Basarah Agama Hindu Kaharingan di jalan Melati, kesemuanya berada di kota Kuala Kapuas.

Selain membersihkan lingkungan rumah ibadah mereka juga bersama-sama, memotong rumput dan mengecat pagar dari bangunan rumah ibadah tersebut.

Anggota DPRD Kapuas, yang juga ketua dari Gerdayak, Thosibae Limin, mengapresiasi kegiatan baksos bersama tiga ormas ini.

“Baksos ini sebagai langkah yang baik. Artinya telah menunjukan kebersamaan dan kekompakan. Terlebih di tahun politik menjelang pilkada gubernur Kalimantan Tengah,” beber Siba sapaan akrab Thosibae Limin.

Ia sangat berharap atas kebersamaan ke tiga ormas itu hendaknya terus terpatri sebagai pemuda yang perduli akan pentingnya persatuan dan perdamaian.

Ditegaskanya, kegiatan ini telah membangkitkan semangat gotong royong dan perduli lingkungan. “Konsep Huma Betang sebagai pemersatu,” tuturnya.

Kemudian, Sekjen Batamad, Bernard Aritonang mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan baksos ini adalah dalam rangka menjaga toleransi antar umat beragama, sekaligus menciptakan situasi yang aman, damai dan sejuk, menjelang Pilkada Tahun 2020 Provinsi Kalteng khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas.

Turut hadir dalam kegiatan baksos itu H. Bob Mahaputra salah satu tokoh pemuda di Kabupaten Kapuas yang menyambut positip kegiatan ini.

“Semoga kebersamaan dan kesejukan jelang tahun politik ini tetap terjaga. Walau berbeda pilihan nantinya, tidak memecah kebersamaan dan persatuan,” harap H. Bob.

Baca juga=Baksos TKSK se Kalsel Digelar di Tanbu

Tidak hanya melaksanakan baksos, ormas ini juga melakukan pembagian sticker Pilkada Damai tahun 2020 Provinsi Kalteng. Kemudian juga mendeklarasi Pilkada Damai tahun 2020 Provinsi Kalteng.

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com