Kampung Purun ditetapkan sebagai Kampung Iklim

Sosialisasi Proklim di Kampung Purun Banjarbaru

BANJARBARU, Kalselpos.com – Sosialisasi Program Kampung Iklim di halaman Posyandu Kampung Purun RW 02 Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru,Kamis (13/2/2020).

Dihadiri warga setempat tokoh masyarakat Lurah dan utusan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan. Kegiatan ini dilakukan atas kerjasama Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan.

Baca juga=Balangan genjot Program Kampung Iklim

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru, Sirajoni AP MM melalu Kabid Tata Lingkungan Muhammad Aslami, mengatakan,ada sejumlah wilayah yang sudah menerapkan program kampung iklim di kota Banjarbaru salah satunya yang baru dicanangkan adalah di Kampung Purun .

“Ada Tiga lokasi yang telah menerapkan program Kampung iklim yaitu Landasan Ulin Timur tepatnya di ,Komp Griya Ulin permai, Komplek Wengga Abadi 1 Jalan Kasturi 1 Kelurahan Samsudin Noor dan Kelurahan Landasan Ulin Utara,,sementara Kampung Purun akan dijadikan Kampung Iklim yang ke empat di wilayah Banjarbaru” ungkap Aslami.

Masyarakat Desa Kampung Purun terkenal dengan kegiatan usahanya yaitu kerajinan dari tanaman purun. Berbagai kreasi tersaji kan lewat tangan -tangan terampil warga setempat,seperti anyaman tikar topi tas dan lain lain dengan motif yang khas dan inovatif.

Ada tiga manfaat utama dari penerapan program Kampung Iklim ini, yaitu Manfaat Ekonomi. Masyarakat dapat merasakan manfaat secara ekonomi dari kegiatan adaptasi dan mitigasi yang dilakukan, seperti peningkatan pendapatan, penghematan pengeluaran rumah tangga.

Manfaat Lingkungan.
Terdapat perbaikan lingkungan/ ekologi yang dirasakan masyarakat dari kegiatan adaptasi dan mitigasi misalkan muncul sumber air baru,peningkatan kesuburan tanah penyelamatan panen, peningkatan kerapatan tanaman penutup tanah dalam suatu luasan.

Muhammad Aslami Kabid Tata Lingkungan DLH Banjarbaru
(Ahmad Fauzie)

Pengurangan Dampak Perubahan Iklim.
Frekwensi kejadian seperti banjir,longsor, kekeringan, kebakaran hutan dan lahan dan kejadian ekstrim dampak perubahan iklim berkurang.

Dalam program ini juga terdapat upaya mitigasi (pencegahan) terhadap dampak buruk daru perusahaan iklim seperti : pengelolaan sampah dan limbah padat. Pengolahan dan pemanfaatan limbah cair. Penggunaan energi baru,terbarukan dan konservasi energi. Budidaya pertanian. Konservasi hutan dan lahan dan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga=Balangan genjot Program Kampung Iklim

Strategi Implementasi Program Kampung Iklim (Proklim) di Kalimantan Selatan dari pemerintah melalui DLH Provinsi Kalimantan Selatan terus dilakukan karena program Proklim merupakan program berlingkup nasional dari Kementerian LHK RI.

Penulis : Ahmad Fauzie
Editor. : Aspihan Zain
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait