Bupati hadiri Peremajaan Kelapa Sawit di Dua Desa 

KOTABARU, Kalselpos.com – Bupati H Sayed Jafar Al-Idrus, SH menghadiri kegiatan acara peremajaan kelapa sawit di dua desa dua kecamatan yaitu Desa Banjarsari Kecamatan Sampanahan dan Desa Bungkukan Kecamatan Kelumpang Barat yang menggunakan dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Acara kegiatan tersebut bertempat di Aula pertemuan Desa Bungkukan Kecamatan Kelumpang Barat, Rabu (12/2) kemaren yang juga didihari oleh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat Kelumpang Barat, Camat Sampanahan, Forkopimca, Kelompok Tani Banjarsari dan Kelompok Tani Bungkukan serta warga masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Program Replanting Diharapkan Pacu Peningkatan Produktifitas dan Kualitas Kelapa Sawit

Dalam sambutannya Bupati Kotabaru H sayed Jafar mengatakan bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan buah sawit yang berkualitas serta memperkecil ukuran tanam dari pohon satu kepohon yang lain.

Untuk peremajaan ini lanjut Bupati, carilah bibit yang unggul agar menghasilkan buah sawit yang berkwalitas dan untuk jarak tanam 5 meter dari pohon ke pohon dengan tujuan agar bisa lebih banyak menghasilkan produksi buahnya.

“Sedangkan untuk bantuan yang di berikan ini hendaknya dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, gunakanlah bantuan ini untuk modal guna mengembangkan usaha, jangan dipergunakan untuk membeli barang seperti mobil dan yang lainnya,” ungkap Bupati H Sayed Jafar.

Hal senada juga dikatakan oleh Ir Hairuddin Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kotabaru bahwa, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program tahun 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dengan cara mengganti tanaman yang sudah berusia 25 tahun keatas dan yang tidak jelas atas usul bibitnya serta produktivitasnya dibawah 10 ton pertahun per Ha.

“Kedepannya nanti kita akan coba memanfaatkan lahan  dibawahnya untuk tanam padi gunung dan juga ternak agar pendapatan masyarakat bisa lebih maksimal,” jelasnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan bantuan berupa uang tunai sebesar 25 juta rupiah kepada masing-masing petani kebun

Baca juga=Program Replanting Diharapkan Pacu Peningkatan Produktifitas dan Kualitas Kelapa Sawit

Dalam kesempatan itu Bupati kotabaru menyerahkan Bantuan Uang sejumlah 25 juta rupiah untuk masing masing petani pekebun diantaranya 32 orang petani kebun berasal dari Desa Bungkukan dan 78 orang berasal dari Desa Banjarsari Kecamatan Sampanahan.

Penulis : Muliana/uzi/ardiansyah
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait