Warga Tionghoa gelar Perayaan Cap Go Meh

KOTABARU, Kalselpos.com – Seusai Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili umat Konghucu Kabupaten Kotabaru melaksanakan perayaan Cap Go Meh yang dilaksanakan di Klenteng An Hwa Tian yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Pulau Laut Sigam, Kotabaru, Sabtu (8/2) malam.

Cap Go Meh merupakan puncak dalam prosesi keagamaan setelah Tahun Imlek yang sudah didahului dengan berbagai ritual keagamaan.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Bupati hadiri Perayaan Imlek dan Pelantikan PSMTI

Ratusan kalangan masyarakat menyaksikan acara Cap Go Meh yang dirangkai dengan atraksi Barongsai yang merupakan tarian tradisional Tiongkok.

Ketua Klenteng An Hwa Tian Kotabaru Gunadi Utomo saat dijumpai wartawan Kalselpos.com mengungkapkan bahwa, setelah Tahun Baru Imlek umat Konghucu terus melakukan ritual doa di kelenteng yang bertujuan mendapatkan berkat dan restu untuk prosesi Cap Go Meh.

Prosesi Cap Go Meh lanjut Gunadi, berdasarkan perhitungan dalam penanggalan Tionghoa jatuh pada 15 bulan pertama tahun baru Imlek dan sembahyang dilaksanakan umat pada pagi maupun malam hari.

“Tujuan dari Cap Go Meh ini tentunya sebagai wujud ucapan rasa syukur kami kepada Tuhan atas limpahan rezeki yang telah di berikan selama ini dan juga memilik makna sebagai hari kasih sayang,” ucap Gunadi.

Baca juga=Bupati hadiri Perayaan Imlek dan Pelantikan PSMTI

“Semoga diperayaan Cap Go Meh ini kami mengharapkan terukunan umat beragama khususnya Kabupaten Kotabaru akan tetap terjalalin dengan baik saling harga menghargai satu dengan yang lain serta selalu memberikan kedamaian bagi seluruh warga masyarakat Bumi Saijaan Kotabaru,” ungkapnya diakhir wawancara.

Penulis : Muliana/uzi/ardiansyah
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait