Desa Bajayau Lama Miliki Lumbung Padi

JABAT TANGAN- ‎Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, jabat tangan dengan warga Desa Bajayau Lama.(Humas)‎

KANDANGAN, Kalselpos.com– Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, meresmikan lumbung pangan dan lantai jemur kelompok tani berkah, di Desa Bajayau Lama,  Kecamatan Daha Barat, Selasa (4/2).

Peresmian ini ditandai dengan pemotongan untaian melati dan penandatanganan prasasti oleh Bupati HSS Drs H Achmad Fikry MAP.

Bacaan Lainnya
GUNTING PITA- ‎Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, mengunting pita peresmian lumbung pangan dan lantai jemur kelompok tani berkah, di Desa Bajayau Lama.(Humas)

Baca juga=Bupati Minta Paman Birin Buka Jalan Tembus Bajayau-Margasri‎

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS, IMawardi, mengatakan pembangunan lumbung dan lantai jemur dilakukan secara swakelola oleh masyarakat sendiri. “‎Pembangunan ini dilaksanakan selama 3 bulan, dari 11 Juli hingga 11 Nopember 2019,” ujarnya.

Dikatakannya, kelompok tani berkah merupakan anggota dari gapoktan mawar yang memiliki luasan lahan keseluruhan 320 hektare. “Pendapatan para petani per orang hasil panennya adalah sekitar 5,5 ton gabah kering giling,” ungkapnya.‎

SAMBUTAN- ‎Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Achmad Fikry, memberikan sambutan dalam peresmian lumbung pangan dan lantai jemur kelompok tani berkah, di Desa Bajayau Lama.(Humas)‎

‎Sementara itu, Bupati Kabupaten HSS, Achmad Fikry, berharap dalam keberadaan lumbung dan lantai jemur bisa bermanfaat bagi para petani.

Ia mengatakan, ‎ke depan akan bangun lebih banyak lantai jemur‎, karena di wilayah ini susah untuk menjemur hasil panennya. “Gunakanlah lumbung bersama-sama secara bergantian, karena ini adalah milik bersama,” ujarnya.

Baca juga=Bupati Minta Paman Birin Buka Jalan Tembus Bajayau-Margasri‎

Bupati berharap, jika ada yang kurang pahan dalam pertanian bisa bertanya kepada Dinas Pertanian atau ke Dinas Ketahanan Pangan. “Dinas terkait siap membantu masyarakat untuk meningkatkan hasil panen,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penangung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait