Warga Kerayaan minta Aspirasi Mereka Diperhatikan

KOTABARU, Kalselpos.com – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al-Idrus SH, melaksanakan kunjungannya ke Desa Pulau Kerayaan Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Minggu (26/1).

Bacaan Lainnya

Baca juga=Bupati Kotabaru Sidak Lokasi MTQ ke-32 Tingkat Provinsi

Kunjungan ini dalam rangka untuk melihat secara langsung keadaan warga masyarakat setempat dan melaksanakan tatap muka untuk berdialog dengan warga Desa Pulau Kerayaan.

Tentunya diketahui bahwa Pulau Kerayaan mempunyai luas wilayah sekitar Lima hektar persegi dan mayoritas pendudukannya adalah nelayan dan di sini mempunyai dua desa yaitu Desa Kerayaan dan Desa Kerayaan Utara.

Acara pertemuan dengan warga ini bertempat di Gedung Bulutangkis Desa Kerayaan Utara dan dihadiri oleh anggota DPRD Kotabaru, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat setempat, Kapolsek, Danramil, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Kepala Desa serta ratusan warga masyarakat di Desa Kerayaan ini.

Dalam sesi dialog ini seorang warga dari Desa Kerayaan Utara menyampikan bahwa, ada sekitar 50 Kepala Keluarga (KK) di desa ini yang masih belum mempunyai listrik jadi kepada Bupati dan instansi yang terkait agar dapat mencarikan solusinya agar warga dapat menikmati listrik seperti warga yang lain.

“Ya, kami ingin warga yang belum mempunyai aliran listrik bisa dibantu agar mereka juga bisa menikmati penerangan seperti halnya warga lainnya,” harapnya.

Selain masalah itu warga juga menyampaikan persoalan lain terkait dengan pendidikan, “kalau bisa di Desa Pulau Kerayaan ini dibangun Sekolah Menengah Atas (SMA) karena selama ini di tempat kami tidak ada sekolahan SMA sebab sekitar 60% masyarakat disini hanya lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dikarenakan tidak adanya biaya untuk melanjutkan sekolah di luar desa karena di desa ini tidak ada SMAnya,” ungkapnya.

Setelah mendengar apa yang sudah disampaikan oleh berberapa warga masyarakat Pulau Kerayaan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan bahwa, bagi warga masyarakat yang belum menikmati aliran listrik tentunya Pemerintah Daerah akan turun langsung bersama dengan tim untuk mendata dan mencatat kepada warga masyarakat yang kurang mampu untuk dapat mempunyai listrik dan menikmati penerangan seperti warga yang lain yang sudah mempunyai listrik.

“Sedangkan untuk bangunan Sekolah Menengah Atas (SMA) memang prosesnya akan lama pasalnya sekarang ini bukan lagi wewenang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotabaru melanikan sudah menjadi wewenang Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan tapi nanti kita akan siapakan proposalnya dulu seperti persiapan lahan sekolah dan yang lainnya hingga nanti kita bersama akan mengajukan permohonan atau proposan tadi ke Provinsi untuk memprosesnya,” ucap Bupati H Sayed Jafar.

Lebih jauh diungkapkannya bahwa, “memang banyak persoalan-persoalan yang selama ini dihadapi oleh Pemerintah Daerah karena daerah kita ini sangatlah luas terdiri dari pulau-pulau namun semua itu perlahan kita akan benahi ini terbukti sekarang perubahan sudah kita mulai baik itu objek pariwisata, insfrastruktur jalan dan yang lainnya,” jelasnya kemudian.

Baca juga=Bupati Kotabaru Sidak Lokasi MTQ ke-32 Tingkat Provinsi

Selesai berdialog acara diakhiri dengan penyerahan bantuan kepada para nelayan yang berada di Desa Kerayaan yang mana bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati H Sayed Jafar yang disaksikan langsung oleh para Kepala SKPD dan ratusan masyarakat di desa setempat.

Penulis : Muliana/uzi/ardiansyah
Editor : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait