Tim Gabungan Cek Pintu Air, Antisipasi Rawan Bencana Banjir

  • Whatsapp

RANTAU, Kalselpos.com – Sehari setelah menggelar rapat koordinasi antisipasi bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, Polri, TNI, BPBD dan Pemerintah Kabupaten Tapin melakukan peninjauan sekaligus mencek aliran sungai Tapin di beberapa titik wilayah Tapin. Kamis (9/1) .

Pengecekan langsung di pimpin Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno, Para Danramil, Kabid Kedaruratan BPBD Tapin Sufian, Kabid Pengairan Dinas PUPR.

Baca juga=Intensitas Hujan Meningkat, Posko Siaga Bencana Diaktifkan

Dari pantauan dengan menggunakan motor trail star Mapolres Tapin menuju Dusun Taibah Kecamatan Tapin Utara kemudian Desa Masta Kec Bakarangan.

Saat tim berada di Desa Masta terlihat masyarakat melakukan gotong royong pembersihan tumpukan sampah ,batang pohon, eceng gondok dan lain-lain yang menumpuk di aliran sungai.

Selanjutnya menuju Desa Linuh Kec Bungur meninjau Bendungan salah satu tampungan air sungai Tapin yang dari Miawa, kemudian Desa Rantau Bujur Kec. Bungur dan terakhir Desa Miawa Kec Piani puncak air sungai Tapin.

Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno menjelaskan hari inu telah kami dengan berbagai instansi terkait menuntuntaskan pergerakan air sungai dari hulu ke hilir yang mana di wilayah tapin ada beberapa kerawanan bencana salah satunya adalah bencana banjir disamping juga ada angin puting beliung dan tanah longsor.

“Kami bersama sama TNI, BPBD dan intasi terkait melakukan pemantauan dan mencek langsung mencek pintu-pintu air yang ada dari hulu ke hilir untuk memastikan berfungsi atau tidak, “terangnya.

Mulai Tapin Utara, Kec Bakarangan Candi Laras Utara Perbatasan Kec Bungur sampai Kec Piani lokasi awalnya datang air.

Setelah melihat dilapangan, kalau air sungai Tapin meluap dengan estimasi pergerakan air dari Desa Miawa sampai ke kota tapin 8 jam.

“Dengan waktu tersebut setidaknya kami tahu apa yang dilaporkan oleh wilayah miawa air meluap dari sana, setidaknya dapat menyiapkan sarana prasana bila terjadinya banjir, “katanya.

Baca juga=Intensitas Hujan Meningkat, Posko Siaga Bencana Diaktifkan

Dengan adanya peninjauan ini tentunya membuat pihaknya lebih siap dalam mengantisipaai terjadinya banjir.

Sementara ini belum ada tanda-tanda bencana khususnya banjir namun apabila terjadi pihaknya lebih siap mengantisipasinya.

Penulis :dillah
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.