PSN dan 4M Plus cegah DBD

oleh -551 views
Setia Budi, Kadinkes Tambu.

Dinkes Tanbu ajak warga masyarakat bergotong royong membersihkan lingkungan.

==========

BATULICIN, kalselpos.com Memasuki musim hujan dengan intensitas cukup tinggi yang berpotensi berkembang biaknya nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD), Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pencegahan dengan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan mencanangkan kembali 4M Plus.

Baca juga=Pasien Diare dan DBD di Tanbu Meningkat

Program PNS dan 4M Plus itu disampaikan Setia Budi selaku Kadinkes Tanbu melalui apel pada hari Jumat (17/01) di Puskesmas Pagatan Kusan Hilir.

PIMPIN APEL – Kadinkes Tambu, Setia Budi saat memimpin apel pencanangan program PNS, Jumat (17/01) di Puskesmas Pagatan Kusan Hilir.

Setia Budi mengingatkan warga masyarakat, Puskesmas dan Polindes untuk selalu melaksanakan PNS dengan menjaga kebersihan lingkungan melalui 4M plus, agar tidak terserang nyamuk yang mengakibat Demam Berdarah Dengue (DBD).

Dijelaskannya, 4M itu adalah 1 Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain. 2 Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya. 3 Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah. 4 Memantau wadah penampungan air dan bak sampah.

Adapun yang dimaksud dengan Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, dan menggunakan kelambu saat tidur, angan menggantung pakaian, memelihara ikan pemakan jentik nyamuj, menanam tumbuhan pengusir nyamuk serta melakukan larvasidasi.

“Kami intruksukan kepada seluruh puskesmas hingga polindes agar melakukan PNS,” tegas Setia Budi.

Selesai apel, secara simbolis Kadinkes menyerahkan bubuk abate kepada Camat Kusan Hilir, Dewi Murni yang kemudian akan dibagikan langsung kepada masyarakat.

Baca juga=Pasien Diare dan DBD di Tanbu Meningkat

Setia Budi berharap, agar masyarakat dan perangkat desa hingga kecamatan untuk senantiasa bergotong royong dalam membersihkan lingkungan sekitar.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com