Festival Makan Durian berlangsung Sukses

  • Whatsapp
PIAGAM PENGHARGAAN - Gubernur Kalsel Sahbirin Noor memegang dua piagam penghargaan dari LPID karena sukses menggelar Festival makan durian.(ist)

Paman Birin menerima dua Penghargaan

==========
BANJARBARU,Kalselpos.com – Even besar yang melibatkan masyarakat kembali digelar Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan.

Dibawah kepemimpinan Gubernur Sahbirin Noor, sejumlah even besar baik skala lokal maupun nasional sukses digelar seperti Harganas, Revolusi Mental dan HKSN 2019. Kemudian di bulan Pebruari 2020 Kalsel dipercaya sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional.

Baca juga=Festival Durian bersama Paman Birin

Sabtu, 18 Januari 2020, even besar yang melibatkan puluhan ribu masyarakat digelar di Kiram Park Karang Intan Kabupaten Banjar. Even itu bernama Festival Makan Durian Bersama Paman Birin.

Dalam even ini sebanyak 43 ribu durian tumpah ruah di obyek wisata alam pegunungan yang baru dikembangkan tersebut. Panitia mencatat, tidak kurang dari 23 ribu orang yang datang sehingga arus lalu lintas menuju Kiram sempat macet total.

Karuan saja, even makan durian ini menjadi catatan sejarah dalam kebersamaan makan durian bersama.

“Hari ini kita makan durian bersama-sama dan mendapat penghargaan. Ini persembahan buat rakyat Kalsel,” ujar Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Paman Birin juga bertekad untuk menjadikan buah durian sebagai penunjang perekonomian di Kalsel.

“Saat ini 20 persen perekonomian Kalsel masih disumbangkan oleh batu bara yang mana itu bisa habis sewaktu-waktu,” ucapnya.

Karena itulah, papar Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini, Pemerintah Provinsi ingin mengganti sumber daya alam batu bara tersebut dengan sumber daya alam yang terbarukan melalui bidang pertanian salah satunya buah durian.

Paman Birin pun berharap kedepannya buah durian dan buah-buah lokal Kalsel lainnya bisa menjadi sumber daya alam terbarukan yang mampu menunjang perekonomian Kalsel dan mensejahterakan rakyat Kalsel.

Dalam gelaran pesta rakyat ini, Kalsel memperoleh dua penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LPID) atas pencapaian peserta dan buah terbanyak. Terhitung 43 ribu durian dibagikan kepada 24 ribu masyarakat yang hadir.

“Penilaian ini berdasarkan hitungan jumlahnya. Untuk total segini baru pertama kali,” kata General Manager LPID, Visca Mahu.

Untuk Kategori Pemrakarsa dianugerahkan kepada Gubernur Sahbirin Noor. Dan satu kategori untuk penyelenggara dianugerahkan kepada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel.

Selain makan bersama, dalam festival ini juga dilaksanakan kontes durian dan pameran buah eksotik khas Kalsel.

Baca juga=Festival Durian bersama Paman Birin

Dalam penjurian, juara teratas ditempati durian asal kabupaten Tanah Laut yaitu Si Mangkal sebagai juara 1 dan Si Tangkai Panjang sebagai juara 2.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggungjawab: SA Lingga

 

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.