Dinas Perkimtan Tanbu bangun Perumahan Nelayan

oleh -270 views
Mahriyadi Noor, Kadisperkimtan Kabupaten Tanbu.

70 unit rumah khusus para nelayan kembali dibangun di Desa Sungai Dua Laut, Kecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu
=================

BATULICIN, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) kembali menerima anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk membangun 70 unit rumah khusus nelayan.

Hal itu disampaikan Kepala Disperkimtan Tanbu, Mahriyadi Noor kepada Kalselpos, Selasa (14/01) di Gunung Tinggi.

Rumah khusus nelayan yang telah dibangun di Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui Tanbu.

Baca juga=Dinas KPP Barut wujudkan 52 KRPL

Pada tahun 2019 sebut Mahriyadi, Tanbu mendapatkan 50 unit rumah tipe 36 khusus nelayan di Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui. Tahun 2020 ini Tanbu kembali memperoleh 70 unit rumah dengan tipe sama yakni tipe 36.

“Tahun ini untuk kawasan pembangunan rumah itu berada di Desa Sungai Dua Laut, Kecamatan Sungai Loban,” ungkap Mahriadi.

Dijelaskannya, anggaran untuk membangun satu unit rumah itu berkisar Rp120 juta, untuk lokasi perumahan masyarakat sendiri yang menyiapkan kemudian dihibahkan ke Pemkab Tanbu.

Tanah yang dihibahkan itu kata Mahriadi harus memenuhi syarat yaitu “bersih” artinya tanah tersebut tidak bermasalah atau bebas sengketa, lepas dari kawasan hutan dan terletak di pesisir dekat pantai, harus ada surat hibah dari masyarakat. Setelah itu baru dibuatkan sertifikat oleh Pemkab tanbu.

“Saat ini masih dalam proses lelang untuk pengerjaannya, mudah mudahan 70 unit rumah khusus nelayan itu bisa selesai tahun ini juga. Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR atas terealisasinya pengajuan untuk masyarakat nelayan Tanah Bumbu,” ujarnya.

Mahriadi juga menghimbau kepada para nelayan yang mendapatkan kesempatan ini agar nantinya bisa menjaga dan merawat rumah tersebut dan bagi yang belum agar bersabar.

Baca juga=Dinas KPP Barut wujudkan 52 KRPL

“Tahun depan akan kita usulkan kembali ke Pemerintah Pusat. Mudah-mudahan dengan perjuangan kita akan terealisasi kembali,” janjinya.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com