BPBD Tanbu Petakan Wilayah Rawan Banjir

Eryanto Rais SH, MH. Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu dan Crew BPBD.

BATULICIN, kalselpos.com – Intensitas hujan hujan yang cukup tinggi memasuki bulan Januari di Kalimantan Selatan (Kalsel) khususnya di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), telah berdampak banjir dibeberapa titik di wilayah Tanbu.

Hal itu disampaikan oleh Eryanto Rais selaku Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanbu kepada Kalselpos, Senin (06/01) pagi.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Bupati Tanah Bumbu Buka Batulicin Festival 2019

Dalam beberapa hari ini, pihaknya akan mengadakan Rapat Kordinasi (Rakor) dengan stakeholder dan pihak-pihak lainnya beserta dengan apel siaga, guna memetakan wilayah rawan banjir serta mengantisipasi  musim hujan kedepan.

“Untuk itu kami, BPBD Tanbu menghimbau kepada masyarakat khususnya mereka yang berada di bantaran sungai agar waspada terhadap curah hujan yg cukup tinggi, mengingat curah hujan tinggi sehingga debit air sungai akan naik,” himbaunya.

Lebih lanjut lagi Eryanto mengharap, agar masyarakat lebih waspada, apabila terjadi bencana banjir, agar segera mengungsi ke tempat yg lebih tinggi dan matikan aliran listrik. Jangan lupa melaporkan ke aparatur desa sampai tingkat kecamatan bilamana perlu ke BPBD Tanbu.

Dijelaskannya, untuk daerah pemetaan rawan banjir masih seperti data yang terjadi pada tahun 2019, yaitu Kecamatan Satui, Sungai Loban, Kusan Hilir, Batulicin, Karang bintang, Kusan Hulu serta Kecamatan Mantewe.

Ketujuh kecamatan itu memang rawan banjir. sebab, memiliki sungai atau Daerah Aliran Sungai (DAS) yang terhubungan dengan daerah atas hulu sungai yang berbatasan dengan Kabupaten Banjar Martapura.

Baca juga=Bupati Tanah Bumbu Buka Batulicin Festival 2019

“Itulah salah satu penyebabnya, sehingga luapan atau kiriman air nya lari ke tempat kita yang berada di hilir,” ungkapnya.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait