Basarnas Banjarmasin bantu Korban Banjir di Jakarta

Personel Basarnas Banjarmasin ketika berada di ruang keberangkatan Bandara Syamsudin Noor untuk menuju Jakarta dalam rangka membantu korban banjir.(ist)

BANJARBARU, kalselpos.com – Enam Personel Basarnas Banjarmasin berangkat ke Jakarta untuk membantu korban banjir. Mereka diberangkatkan ke Jakarta melalui jalur udara, Jumat (3/1/2020) siang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Mujiono  mengatakan, semua anggota tim rescuer telah dibekali alat perlindungan diri seperti helm safety, life jacket, booties, serta peralatan rescue seperti tali webbing, carabiner, headlamp, senter, matras, dan throw bag. juga membawa peralatan medis.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Pembangunan Jalan Poros Banjarbaru – Batulicin Terus Digeber

Badan SAR Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas  Banjarmasin mengirim personel
itu nantinya akan diperbantukan dalam misi kemanusiaan yakni mengevakuasi para korban banjir, yang merendam sebagian besar ibukota Jakarta sejak beberapa waktu lalu.

“Selain itu para personil yang dikirim tersebut kita minta juga mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Karena ketinggian air mencapai 1 meter bahkan beberapa lokasi bisa lebih dari itu.
Jadi kondisi fisik dan stamina rescuer juga penting untuk diperhatikan ketika melakukan operasi SAR  agar kuat dalam menghadapi medan dan cuaca yang tidak menentu,” ujar Mujiono.

Dijelaskannya, pengiriman personel Basarnas Banjarmasin tersebut merupakan instruksi dari Basarnas Pusat.
“Ini adalah arahan dari pusat yaitu Kabasarnas kami diminta untuk mempersiapkan tim untuk diperbantuan pada insiden banjir di Jakarta, dan kami akan langsung bergabung dengan tim pusat Basarnas,” jelas Mujiono.

Jumlah personel yang dikirim tersebut berdasarkan permintaan dari pihak Basarnas pusat mengingat wilayah kerja Basarnas Banjarmasin  cukup luas sehingga perlu ada tim yang tetap standby.

“Dari permintaan  pusat kita dikirim enam orang untuk diperbantukan di sana, dan kita sudah persiapkan beserta peralatan dan anggota sudah ready semuanya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Operasi dan Kesiapsiagaan Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin, Wasino menjelaskan, bantuan tenaga personel ini dilakukan atas permintaan dari kantor Basarnas pusat.

“Basarnas pusat meminta agar beberapa kantor SAR yang lain dapat membantu Kantor SAR Jakarta menghadapi banjir yang sedang terjadi. Kantor SAR yang diminta untuk mengirimkan personilnya adalah Kantor SAR Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Lampung, Pekanbaru, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, Mataram, Balikpapan, Bandung, dan Surabaya,” terangnya.

Dijelaskannya, personil bantuan tersebut akan ditempatkan di Jakarta hingga pertengahan Januari.

Baca juga=Pembangunan Jalan Poros Banjarbaru – Batulicin Terus Digeber

“Diperkiraan cuaca ekstrim terjadi hingga pertengahan bulan ini sehingga rencananya bantuan tenaga personil akan berada di Jakarta sampai pertengahan bulan Januari ini,” jelas Wasino.

Penulis: Anas Aliando
Redaktur: Bambang CE
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait