60 Anggota BPD Tiga Kecamatan serentak Dilantik 

  • Whatsapp

KOTABARU, Kalselpos.com – Sebanyak 60 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) priode 2020-2026 yang berada di tiga Kecamatan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al-Idrus SH.

Pelantikan tersebut bertempat di Aula Kantor IBT Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Rabu (22/1) kemarin.

Muat Lebih

Baca juga=Bupati lantik Anggota BPD di delapan Desa

Ada pun 60 anggota BPD yang dilantik yang tiga kecamatan yaitu Kecamatan Pulau Laut Barat terdiri dari Desa Sumber Sari dan Desa Lontar Utara sebanyak 10 orang dan 55 orang  dari Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar yang terdiri dari Desa Kampung Baru, Desa Bandar Raya, Desa Tanjung Tengah, Desa Tanjung Sungkai, Desa Tata Mekar, Desa Tanjung Pelayar, Desa Teluk Tamiang, Desa Gosong Panjang, Desa Bangun Rejo, serta Kecamatan Pulau laut Selatan Desa Tanjung Seloka.

Bupati H Sayed Jafar dalam sambutannya mengatakan bahwa, anggota BPD merupakan wakil masyarakat dan juga merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

“Tugas BPD adalah menggali, menampung, menghimpun, meluruskan dan menyampaikan aspirasi masyarakat serta membahas dan menyampaikan peraturan desa bersama kepala desa, sekaligus mengawasi kinerja-kinerja kepala desa,” ucap Bupati H Sayed Jafar.

Lebih jauh dibeberkannya bahwa, anggota BPD hendaknya jangan monoton dan harus bisa dan dapat berinovasi dalam mempercepat pembangunan yang ada di desa masing-masing.

“Anggota BPD harus dapat membantu dalam memberikan pemikiran kepada kepala desa serta selalu mendukung program desa agar desa dapat menjadi maju dan berkembang,” harapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kotabaru H Hariansnyah juga menyampaikan, kepada amggota BPD yang sudah dilantik ini hendak dapat bersinergi dengan kepala desa  agar dapat bersama-sama membangun dan mengembangkan desanya.

Tak lepas jua ia menjelaskan bahwa, “tahun 2020 ini manajemen kelola tata pemerintahan desa harus lebih mementingkan pelayanan kepada masyarakat seperti yang sudah diarahkan oleh Bupati melalui Dinas Pemerintahan Masyarakat dan Desa,” jelasnya.

Selesai melantik dan mengambil sumpah jabatan anggota BPD Bupati Kotabaru menyerahkan satu cendera mata berupa foto bersama anggota BPD yang sudah dilantik serta juga menyerahkan berberapa yaitu, bantuan keagamaan untuk Masjid Jami Desa Tanjung Tengah dan Masjid Baitulrahman yang berada di Desa Bangun Rejo Kecamatan Tanjung Selayar dan juga bantuan untuk Langgar Sabilal Muttakin di Desa Lontar Selatan, rehab atap Langgar At Taqwa Desa Lontar Utara, Pengadaan peralatan rukun kematian Desa Tapian Balai, Rehab total Masjid Darussalam Desa Sebanti, Pembangunan teras Masjid Baitul Jannah Desa Terangkeh, dan Bantuan Masjid Baitulrahman Desa Gemuruh Kecamatan Pulau Laut Barat.

Bupati H Sayed Jafar juga menagtakan, agar bantuan yang diserahkan ini hendaknya dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya.

Baca juga=Bupati lantik Anggota BPD di delapan Desa

Untuk diketahui dalam acara pelantikan anggota BPD ini juga dihari oleh Ketua TP-PKK Kotabaru, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat Pulau Laut Tanjung Selayar, Camat Pulau Laut Barat, Camat Pulau Laut Selatan, Forkopimca, Manajer IBT, dari LPPM Universitas Hasanuddin Makasar, Kepala Desa, serta tamu undangan.

Penulis : Muliana/rel
Editor : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.