Pemprov Kalsel pertahankan Predikat A penilaian SAKIP

PREDIKAT A - Provinsi Kalsel berhasil mempertahankan predikat A atas penilaian SAKIP yang dilakukan Kementerian PANRB.(ist)

BANJARBARU, kalselpos.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) berhasil mempertahankan predikat A atas penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dilakukan Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
Predikat ini merupakan yang kedua kalinya, diterima secara berturut-turut sejak tahun 2018.

Baca juga=Sekretariat Dewan raih Nilai SAKIP A

Bacaan Lainnya

Hasil evaluasi SAKIP diterima langsung Gubernur Kalsel,  Sahbirin Noor yang diserahkan oleh Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Muhammad Yusuf Ateh di Bali, Senin (27/1) siang.

Bukan hanya mempertahankan predikat A, nilai SAKIP Pemprov Kalsel juga meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 berhasil memperoleh nilai 80,15 meningkat menjadi 80,74.

Gubernur Kalimantan Selatan,  Sahbirin Noor mengucapkan syukur atas predikat A yang berhasil dipertahankan.

Menurut Paman Birin (sapaan akrab gubernur), capaian ini merupakan buah dari kerja keras seluruh jajaran di Pemerintah Provinsi.

Dikatakan Paman Birin, mempertahakan jauh lebih sulit dari pada meraih predikat A.

Gubernur Kalsel pun berharap, Pemerintah Provinsi Kalsel dapat meraih predikat A seperti Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. “Kita akan belajar ke Yogyakarta,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan, Muhammad Yusuf Ateh mengatakan, salah satu langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi adalah melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien.

“Itu bisa terwujud jika pemerintah daerah konsisten menerapkan SAKIP,” ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa instansi pemerintah harus berorientasi pada hasil, bukan lagi output dan input. Artinya pemerintah harus menjamin bahwa setiap rupiah yang digunakan untuk membiayai program dan kegiatan.

Baca juga=Sekretariat Dewan raih Nilai SAKIP A

“Semua harus memiliki manfaat ekonomi dan memberikan manfaat untuk rakyat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Muhammad Yusuf Ateh.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait