Tim WHO kunjungi Bupati Fikry‎‎

MENERIMA- Bupati HSS, Achmd Fikry, saat menerima ‎Tim Kementrian Kesehatan RI dan WHO‎.(Humas)

KANDANGAN, Kalselpos.com– Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) bakal menjadi salah satu daerah, untuk melakukan review  program pencegahan dan penanggulangan Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immuno Deficiency Syndrome(AIDS).‎

Baca juga=Bupati : Kecamatan Kandangan Bisa Jadi Promodel Kecamatan Lain‎

Bacaan Lainnya

“Indonesia akan mengajukan permohonan dana untuk pendanaan global. Untuk itu, kantor pusat WHO melaksanakan review di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Kabupaten HSS,” ujar dr Arshad salah seorang reviewer Kantor Pusar WHO, kepada Bupati HSS, Achmad Fikry, Jumat (24/1).

‎Dikatakannya, review dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan program-program yang sudah dijalankan, dan apa saja yang bisa diperbaiki lagi dalam penanggulangan ataupun pencegahan HIV/AIDS.

MENGUNJUNGI- Tim Kementrian Kesehatan RI dan WHO mengunjungi‎ Bupati HSS, Achmd Fikry‎.(Humas)‎

Sejauh ini, kata dia, pelaksanaan program pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS di Kabupaten HSS sudah bagus, namun masih ada yang perlu ditingkatkan. “Peningkatan ini mungkin nanti yang bisa disarankan adalah penyedian dana pengobatan bagi TB dan HIV/AIDS,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS, Achmad Fikry, mengatakan menyambut baik Kabupaten HSS menjadi salah satu daerah untuk dilakukan review terhadap HIV/AIDS dan TB.

DUDUK BERSAMA‎- Bupati HSS, Achmd Fikry bersama Kepala Dinas Kesehatan Kanupaten HSS, dr Siti Zainab, saat menerima ‎Tim Kementrian Kesehatan RI dan WHO‎.(Humas)‎

Selama ini, ungkap bupati, Pemerintah Daerah (Pemda) terus berusaha mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS, namun semua tidak terlepas dari perilaku masyarakat itu sendiri.‎ “Di Kabupaten HSS orang yang terkena HIV/AIDS masih enggan untuk mengakui dan berobat,” katanya.

Namun, kata bupati, pemerintah bersama kader-kader kesehatan di lapangan terus melakukan pendataan terhadap orang-orang yang terkena HIV/AIDS & TB, dan telah menyiapkan ruang khusus di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brgjend H Hasan Basry Kandangan.‎ “Semua fasilitas-fasilitas untuk mendukung penanganan HIV/AIDS dan TB menjadi perhatian kami,” ujarnya.

Baca juga=Bupati : Kecamatan Kandangan Bisa Jadi Promodel Kecamatan Lain‎

Ia berharap, kedatangan tim rombongan dari Kementrian Kesehatan RI dan WHO dapat memberikan masukan dan saran, agar dalam mengambil kebijakan untuk perbaikan kedepan.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait