Pertandingan Balogo meriahkan HUT PDIP Tanbu

Syaiful Rahman SE saat membuka acara lomba Balogo di Taman Edukasi Park, Batulicin.

BATULICIN, kalselpos.com – Tak kurang dari 306 Peserta dalam pertandingan permainan tradisional Balogo memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai PDI Perjuangan yang ke 47.

Acara lomba permainan Balogo di gelar di Taman Edukasi Park Kecamatan Simpang Empat, Batulicin pada hari Sabtu (25/1) pagi hingga selesai.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Balogo dan Bagasing Terus Dilestarikan

Dalam turnamen Balogo yang digelar selama satu hari penuh ini dilaksanakan oleh DPC PDIP Tahah Bumbu dalam rangka mengisi HUT PDIP ke 47

Hal itu disampaikan Syaiful Rahman SE selaku Ketua DPC PDIP Tanbu. Menurutnya, permainan Balogo ini merupakan salah satu permainan tradisional lokal asal Sulawesi Selatan yang berada di Kalimantan Selatan.

“Ya, ini salah satu permainanan tradisional yang dimiliki Tanah Bumbu yang harus kita lestarikan,” ungkap Syaiful Rahman.

Para peserta Balogo saat memulai pertandingan.

Ditambahkannya, tak hanya permainan Balogo saja, tradisi dan keaneka ragaman dari etnis manapun yang berada di bumi bersujud harus dijaga dan dilestarikan. “Disitulah muncul warna tersendiri atas keaneka ragaman di Tanah Bumbu, karena keaneka ragamanlah bangsa kita menjadi kuat dan erat,” paparnya.

Sementara Jayadi selaku Ketua Panitia lomba balogo 2020 menjelaskan, bahwasanya turnamen ini berberstandart Provinsi.

Baca juga=Balogo dan Bagasing Terus Dilestarikan

“Sebab pesertanya pun berasal dari kabupaten kabupaten di Kalimantan Selatan seperti, Banjar, Balangan, Kotabaru, Pelaihari dan Banjarmasin. Ada juga dari Bontang Kalimantan Timur yang mengikuti lomba balogo ini,” pungkasnya.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait