Duta Genre Turut Bina PIK Remaja di HSU

AMUNTAI, Kalselpos.com – Duta Generasi Berencana GenRe (GENRE) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) turut serta memberikan pembinaan bagi anggota dan pengurus PIK (Pusat Informasi dan Konseling) Remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Danau Panggang.

Duta Genre dibawah naungan DPPKB HSU ini berbagi pengalaman dan informasi seputar kondisi remaja saat ini.

Bacaan Lainnya

Baca juga=MENJADI REMAJA TANPA MASALAH

Diungkapkan oleh Khatimah selaku Duta Genre, menyebutkan masih banyak remaja terlibat dalam perilaku tidak sehat, khususnya tiga resiko Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR) yaitu pernikahan dini, seks pra nikah dan penyalahgunaan NAPZA.

Menurutnya, remaja perlu memahami dan mempraktikkan pola hidup sehat agar terhindar dari Triad KRR.

“Kita saat ini sedang menghadapi bonus demografi, sebuah kondisi yang mampu menjadi peluang sekaligus ancaman bagi bangsa kita. Usia produktif yang banyak mampu mendukung pembangunan negara, namun kuantitas usia produktif yang banyak ini akan menjadi bumerang apabila tidak diimbangi dengan kualitas remaja yang baik pula,” ujarnya.

Maka itu, dari sinilah peran PIK dalam memberikan informasi kepada teman sebaya agar terhindar dari Triad KRR. Selain itu, PIK juga harus menyediakan pelayanan konseling yang ramah remaja agar remaja yang memiliki masalah mendapat pendampingan dalam memilih keputusan yang tepat.

Penyuluh KB Kecamatan Danau Panggang, M. Hainoor Rahman, S.Pd menjelaskan, tujuan dari pelibatan duta GenRe dalam pembinaan PIK adalah guna memperkaya pengetahuan anggota PIK seputar substansi GenRe.

“Hal ini penting dilakukan mengingat bahwa PIK Bintang Edukasi SMAN 1 Danau Panggang baru saja didirikan, sehingga masih banyak anggota yang belum memahami materi-materi GenRe,” sebutnya.

Meski terbilang Muda, PIK Bintang Edukasi sangat diperlukan pembinaan yang intensif bagi seluruh pengurus.

Baca juga=MENJADI REMAJA TANPA MASALAH

Sementara itu Ketua PIK Bintang Edukasi, Rahmadani, berharap pembinaan serupa dapat terus diberikan kepada seluruh anggota agar nantinya PIK Bintang Edukasi dapat berkembang menjadi wadah pengembangan dan peningkatan kualitas remaja yang sehat, cerdas, dan ceria.

Penulis: adiyat
Editor: wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait