Pentingnya Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Muda

NARASUMBER - Sumardi salah satu narasumber sosialisasi PPWK di SMKN 1 Simpang Empat, Kamis (23/01) di Batulicin.

BATULICIN, kalselpos.com – SMKN 1 Simpang Empat Batulicin
terpilih menjadi tempat sosialisasi pelaksanaan kelompok kerja penyelengaraan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK).

Baca juga=Generasi Muda Jangan Melupakan Nilai – nilai Budaya Daerah

Bacaan Lainnya

Sosialisasi yang diprakarsai Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) itu dihadiri langsung Kepala Kesbangpol Darmiadi, perwakilan Kepala SMKN 1 Simpang Empat beserta seluruh siswa siswi, Kamis (23/01).

Untuk narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Ahmad Sabarudin Noor dan Aditya Irfiandi guru PPKN SMKN 1 Simpang Empat.

Disampaikan Sudarmadi, pendidikan mental untuk generasi muda sekarang sangat penting, untuk itulah tujuan dari sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan ini.

“Pendidikan wawasan kebangsaan bertujuan untuk membentuk generasi muda mengingatkan kembali nilai nilai kebangsaan, pedoman berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika,” papar Sudarmadi.

Sementara, Akhmad Sabarudinoor selaku narasumber dari Dinas Kimunikasi dan Informatika menyampaikan, apabila generasi muda memiliki wawasan kebangsaan, maka mereka akan terus berbuat baik dan mampu mempertahankan nilai nilai kebangsaannya,
walaupun perkembangan tekhnologi informatika terus berkembang dengan pesat.

“Bahkan mereka tetap mampu mempertahankan ahklak yang baik sesuai dengan nilai nilai ketimuran kita,” terangnya.

Kemudian, Amuludin narasumber dari Dinas Pendidikan menjelaskan, bahwasanya wawasan kebangsaan sangat diperlukan di kalangan pelajar karena memiliki tujuan untuk membangun identitas bangsa di kancah dunia.

Baca juga=Generasi Muda Jangan Melupakan Nilai – nilai Budaya Daerah

“Generasi muda pada era globalisasi harus memiliki jiwa nasionalisme. Selain itu untuk bersaing dalam kancah internasional perlu memiliki wawasan wiyata mandala yakni wawasan kebangsaan
mencintai negeri dan bangsanya,” tegasnya.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Kalselpos.com

Pos terkait