KEKUATAN SUGESTI,KEMAMPUAN DAN KEMAUAN DIRI

Kalselpos.com- Kesempatan dan kesempitan itu datang dan pergi,kesempatan harus diambil sedangkan kesempitan harus kamu hindari.Ketika me nghadapi dan memanfaatkan kesempatan perhatikan dua hal penting yaitu kemampuan dan kemauan.Kemampuan berhubungan dengan apa yang bisa dan tidak bisa kita lakukan.

Kemampuan berhubungan dengan kesempatan,tanya pada diri sendiri mampu tidak mengambil kesempatan tersebut.Ingat kisah ali baba yang menemukan emas dimarkas perampok Top 40 (kelompok 40) sewaktu dia melihat emas yang bertumpuk-tumpuk,karena dia tidak membawa apa-apa Cuma menemukan karung.Kesempatan membawa semua emas tidak bisa dilakukan karena kemampuan si Ali hanya bisa membawa sekarung.

Bacaan Lainnya

Sedangkan kemauan berhubungan dengan seberapa kuat dorongan hati mempengaruhi keinginan untuk melakukian sesuatu.Disatu sisi kemauan itu ibarat pintu gerbang yang kuncinya ada didalam.Artinya kemauan berhubungan dengan diri sendiri.Disisi lain kemauan juga bisa muncul karena dorongan luar.

Artinya ada orang lain yang mendorongnya untuk mengambil kesempatan,bisa teman orang tua atau siapa saja selain diri sendiri.Kategori kemampuan dan kemauan orang yang di hubungkan dengan kesempatan.Mampu dan mau artinya pintar,punya kemampuan untuk mengambil kesempatan dan punya kemauan juga.

Kalau masuk kekategori pintar maka kesempatan tidak pernah terbuang sia-sia juga selalu mengasah kemampuan ,berbekal kemauan dan kemampuan yang dimiliki yang selalu dipertahankan bisa membawamu menuju kesuksesan.Mampu tapi tidak mau artinya malas,jika seperti ini termasuk orang yang harus didorong-dorong untuk mau.

Punya kemauan tapi tidak mau mengambil kesempatan,kalau termasuk tipe ini maka kesempatan sering terbuang.Tidak mampu tapi mau artinya tidak tahu diri,orang yang menggebu-gebu walaupun kemampuan tidak ada.Kalau termasuk tipe ini biasanya nafsu besar tenaga kurang.

Kadang-kadang bisa menghilangkan kesempatan buat orang lain.Hati-hati mesti harus tau diri untuk bersabar,menambah bekal kemampuan sebelum benar-benar mengambil kesempatan tersebut.Yang jelas harus banyak melatih kemampuan untuk mengimbangi kemauan diri sendiri.
Tidak mampu dan tidak mau sama halnya dengan culun.

Orang yang tidak perlu tantangan sudah tidak mampu ditambah tidak mau,kalau masuk tipe ini maka selain butuh latihan juga butuh dorongan.Nah jangan khawatir dimanapun kalian berada sama sekali bukan posisi yang negativ atau positif,melainkan jadi tempat dari mana kamu akan melangkah.Ibarat kita mau pergi harus tau akan kemana kita melangkah.

Diposisi mana dan kategori apapun kita saat ini harus berusaha untuk mencapai posisi yang ideal,yaitu jadi orang pintar mampu dan sekaligus mau melaksanakan hal-hal yang positif dan pastinya selalu berguna buat seluruh orang disekitar kita juga berguna buat masa depan kita.Sekecil apapun perbuatan baik kita usahakan selalu berguna dan tidak merugikan orang lain.

Apapun yang dirasakan termasuk keyakinan dalam diri tentang apa yang bisa dilakukan itulah sugesti diri.Kita dikondisikan oleh pikiran sendiri,berani dan takut itu ukurannya relativ dan Cuma diri sendiri yang tahu.Ada kata bijak if you think can or you can’t,it’s both right (jika kamu bilang bisa atau tidak bisa,keduanya benar).

Hubungan sugesti dengan belajar,belajar juga perlu sugesti diri karena semua di mulai dari diri sendiri,apakah bisa atau tidak.Mau ujian dimulai dari keyakinan bisa dan jalannya ujian kemungkinan besar seperti sugesti yang diyakini.Berhasil tidaknya dalam menghadapi tantangan tergantung dari bagaimana berfikir tentang diri dan meyakini kekuatan untuk menghadapinya.

Jadi mengawali segala tindakan melalui sugesti diri yang positif tidak akan bikin rugi,justru akan membuat diri kita lebih percaya diri.Ada tipe DRAF untuk menjalankan hal-hal positif tanpa ragu dan pastinya berdampak baik .Delete (hapus segala yang merisaukan),replace (ganti dengan hal positif),affirm (kuatkan dengan kata bermakna),feeling (libatkan perasaan),dan tempo (cobalah untuk mengatur tempo).Mengatur tempo juga berarti peka dalam melihat peluang.

 

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait