Batola Antisipasi Banjir dan Puting Beliung

MENINJAU PASUKAN - Wabup Batola H Rahmadian Noor meninjau pasukan penanggulangan bencana Batola.

MARABAHAN, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian terhadap bencana, terutama banjir dan angin puting beliung yang harus menjadi fokus perhatian.

Baca juga=Tim Gabungan Cek Pintu Air, Antisipasi Rawan Bencana Banjir

Bacaan Lainnya

Demikian itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Batola H Rahmadian Noor saat memimpin apel siaga bencana banjir dan puting beliung di halaman Kodim 1005 Marabahan yang dihadiri Dandim 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto SE, Kapolres Batola AKBP Bagus Suseno SIK, Kajari Batola atau yang mewakili, Kadinsos Fuad Syekh, Kepala BPBD Batola Sumarno, dan Kakan Kemenag Rusbandi.

ALAT DUKUNG – Wabup Batola H Rahmadian Noor secara simbolis menyerahankan alat dukung penanggulangan bencana Batoa.

“Marilah kita harus selalu siap siaga mengantisipasi berbagai bencana melalui pengorganisasian serta langkah yang tepat guna dan berdaya guna,” ajaknya.

Dalam kesempatan apel tersebut, dia mengungkapkan, selain sebagai bentuk perhatian dan kesiapan terhadap bencana banjir dan puting beliung sekaligus sebagai perwujudan rasa kebersamaan dan keterpaduan seluruh elemen dalam melakukan penanggulangan bersama sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Lebih jauh pak Rahmadi sapaan familiar Wabup Batola itu menyebutkan, telah banyak kejadian dan bencana termasuk banjir pada saat musim hujan tiba.

Akibat itu, menurutnya, akan mengancam tempat-tempat pemukiman dan fasilitas umum milik pemerintah yang sebagian besar berada di bantaran sungai.

Rahmadi juga mengharapkan perhatian seluruh masyarakat semakin tinggi dalam membantu mengantisipasi sekaligus mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan akibat bencana.

“Saya berharap dengan terbangunnya kesadaran bersama, maka akan melahirkan gerakan antisipasi penanggulangan secara terarah dan terkoordinasi guna mengurangi dampak resiko lebih besar terhadap bencana banjir dan puting beliung yang kerap terjadi di Batola,” ujarnya.

Kegiatan apel siaga yang belum lama ini dilaksanakan melibatkan anggota TNI, Polisi, Satpol-PP, BPBD, serta berbagai komponen masyarakat seperti para sukarelawan, ormas, kepemudaan, BPK, PMI.

Baca juga=Tim Gabungan Cek Pintu Air, Antisipasi Rawan Bencana Banjir

Kemudian, disela apel juga dilaksanakan peninjauan pasukan serta penyerahan secara simbolis alat dukung penanggulangan bencana berupa mobil ambulan, speed boat, perahu karet dan sampan.

Penulis : Muliadi
Editor : Bambang CE
Penanggung Jawab : SA Lingga.

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait