Sekdes berstatus PNS akan ditarik ke Pemkab

Fahwahisa Mahabatan, Anggota Komisi lll DPRD Tanbu.

BATULICIN, kalselpos.com – Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat desa, mengharuskan jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) tidak boleh lagi dipegang seseorang yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), melainkan harus diisi oleh Sekdes yang di angkat Kepala Desa (Kades) maka dari itu, Sekdes yang berstatus PNS harus ditarik kembali ke lingkup Kabupaten.

Baca juga=BKD HSS Serahkan Kartu Ujian Tes CPNS

Bacaan Lainnya

Menyikapi hal itu, Anggota Komisi lll DPRD Tanah Bumbu, H Fahwahisa Mahabatan SH dengan tegas mengatakan, Sekdes yang berstatus PNS tidak seharusnya dipertahankan, sebab posisis Sekdes masih bisa diisi non PNS yang ditunjuk langsung oleh Kades kemudian diajukan dengan berkoordinasi bersama pihak Kecamatan.

“Selama sumber daya manusianya memenuhi syarat untuk mengisi jabatan Sekdes maka sah-sah saja. Sekarang di desa-desa sudah banyak sarjana, beri kesempatan pada masyarakat seluas- luasnya untuk berkarya,” cetus Fahwahisa kepada Kalselpos, Selasa, (21/01) siang.

Mengingat di Pemkab Tanah Bumbu masih kekurangan PNS, maka menurut Fahwahisa, hal itu bisa mengatasi permasalahan yang dihadapi Pemkab Tanah Bumbu apabila PNS ditarik kembali ke lingkup pemerintahan.

Sementara Nahrul Fajri, selaku Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanah Bumbu, saat dikonfirmasi Kalselpos mengakui, bahwa memang masih banyak jumlah Sekdes di Tanah Bumbu yang berstatus PNS.

“Tapi dalam UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 masih memperbolehkan Sekdes yang berstatus PNS selama mendapat surat izin dari Kepala Daerah dalam hal ini adalah Bupati,” cetus Nahrul Fajri.

Dijelaskannya lagi, bahwa PNS yang menjabat sebagai Sekdes tidak hilang atas hak-haknya sebagai PNS baik itu gaji, tunjangan dan kenaikan pangkat berkala.

Kendati demikian, Nahrul tidak menampik, secara pelan sudah menarik para PNS yang mengisi pososi sebagai Sekdes untuk kembali ke lingkup pemerintahan kabupaten Tanah Bumbu.

Baca juga=BKD HSS Serahkan Kartu Ujian Tes CPNS

“Nanti saya akan berkoordinasi ke pimpinan, baik Bupati ataupun Sekda. Inikan baru menjalani tahun pertama 2020, lagi pula pak Sekda baru saja pulang dari ibadah umrah,” ujarnya.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Liingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait