SDN Sei Limau jadi Perhatian Dewan

KOTABARU, Kalselpos.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sei Limau yang ada di Desa Sungai Limau kondisinya kian parah. Menyusul setelah bagian depan terasnya yang hampir ambruk.

Diketahui bersama, SD yang lokasinya berada di seputaran area tanah rawa tersebut kekurangan lokal kelas. Dengan kondisi demikian, mau tidak mau para murid harus bergantian untuk bisa mendapatkan pendidikan di sekolah. Ditambah dengan ambruknya 3 lokal kelas itu menambah proses belajar mengajar tidak maksimal.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Dewan akan panggil Disdik dan Sekolah, terkait keterlambatan 60 Ijazah

Bangunan 3 ruang kelas yang hampir ambruk tersebut terjadi di awal-awal tahun 2019 lalu dan diketahui dalam waktu 6 bulan terakhir kondisinya semakin parah. Sehingga sebagian murid harus rela belajar diruang perpustakaan dan kediaman rumah dinas kepala sekolah dan itu pun bergantian karena sebelumnya memang lokal kelasnya tidak komplit seperti sekolah lainnya.

 

Menyikapi hal tersebut kalangan anggota DPRD Kabupaten Kotabaru, khususnya Ketua DPRD bersama jajarannya secara langsung memantau kondisi sekolah itu beberapa waktu lalu.

“Mendengar itu kami langsung turun kelapangan guna meninjau SDN Sungai Limau,” tutur Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Syairi Mukhlis yang berkunjung bersama dengan jajaran Komisi III.

Dikatakannya lebih jauh, rehab total direncanakan dilakukan pada tahun 2021 mendatang.

“Kebetulan APBD 2020 kita sudah selesai. APBD perubahan tidak memungkinkan karena ini berupa fisik,” lanjut Syairi.

Ia berpesan kepada para guru dan murid tetap melakukan proses belajar mengajar agar pendidikan tetap jalan sebagaimana mestinya.

Harapan lain di sampaikannya, ada bantuan dari program CSR pihak perusahaan yang bisa saja dikerjakan lebih cepat. Akan tetapi, pihaknya harus mengkomunikasikanya serta berkordinasi terlebih dahulu dengan pihak eksekutif.

“Mungkin nanti kita akan berkoordinasi dengan Bupati untuk melangkah jauh lagi,” jelasnya.

Senada dnegan itu, sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kotabaru, Selamet Riyadi menjelaskan, terkait dengan SDN Sei Limau pihaknya akan merencanakan untuk pembangunan 1 lokal kelaa ditahun 2020 yang setidaknya meskipun masih kekurangan lokal namun bisa memenuhi kebutuhan insfrastrukturnya.

“Untuk rehab totalnya kami akan rencanakan pada tahun 2021 dan itu menjadi prioritas agar siswa disana dapat menikmati bangunan sekolah dengan baik, dan ditahun 2020 ini akan kita bangunkan 1 lokal kelas dulu,” ujarnya.

Baca juga=Dewan akan panggil Disdik dan Sekolah, terkait keterlambatan 60 Ijazah

Salah satu murid kelas III SDN Sei Limau, Muhtar mengaku takut saat berada didalam lokal kelas yang hampir ambruk itu. “Takutan ulun kalau sekolah didalam ruangan itu, kalau misalkan runtuh kayapa kami,” katanya pelan dengan nada sedikit takut saat ditanya yang menjawab dengan bahasa banjar.

Penulis : uzi/muliana
Editor : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait