Bupati kunjungi Pengrajin Limbah Kayu Ulin Desa Tegalrejo

KOTABARU, Kalselpos.com – Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Al-Idrus SH, bersama dengan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Hj Fatma Idiana Sayed Jafar dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengunjungi salah seorang pengrajin limbah kayu ulin dan limbah kelapa yang ada di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir pekan lalu.

Baca juga=Pengrajin Anyaman Purun Berkurang

Bacaan Lainnya

Kedatangan Bupati ke desa ini untuk mengetahui dan melihat secara langsung hasil karya yang dihasilkan dari limbah Kayu Ulin dan kelapa dari seorang warga Desa Tegalrejo.

 

Setelah melihat hasil dari kerajinan ini Bupati Kotabaru H Sayed Jafar sangat mendukung untuk mengembangkan usaha kerajinan menjadi khas Kabupaten Kotabaru.

“Kita nantinya akan kembangkan usaha kerajinan ini dan dipromosikan melalui instansi terkait agar bisa jadi kerajinan khas Kotabaru,” ungkap Bupati di depan awak media.

Hal senada juga disampaikan oleh Masnur pengrajin limbah kayu ulin dan kelapa.

 

Ia menjelaskan bahwa, kerajinan limbah kayu ulin ini baru tiga bulan dijalankan sudah dapat menembus pasar Pulau Jawa seperti Surabaya, Jakarta dan Pulau Bali kerajinan limbah kayu ulin ini diolah dan dijadikan peralatan perabotan makan rumah tangga.

Sedangkan untuk limbah kelapa baru satu tahun dijalankan, dan limbah ini dibuat dan dijadikan cobek satu bulannya diproduksi sampai 3000 lebih cobek yang berhasil dibuat serta ini sudah tersebar di 13 Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

 

“Alhamdulilah, kerajinan limbah kayu ulin ini sudah bisa dipasarkan keluar Kalimantan dan mulai dikenal orang,” ungkapnya.

Baca juga=Pengrajin Anyaman Purun Berkurang

Lebih jauh dijelaskannya bahwa,”dalam membuat kerajinan ini saya dibantu oleh satu orang tenaga ahli dan delapan orang pekerja yang mengoprasikan peralatan yang ada. Kita akan patenkan kerajinan ini karena ini merupakan milik Kabupaten Kotabaru tujuannya untuk dapat mengangkat nama Daerah dan Provinsi agar lebih dikenal lagi,” tandasnya.

Penulis : Muliana/uzi/ardiansyah
Editor : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait