Waspada DBD, Bupati Minta Warga Jaga Lingkungan

RANTAU, Kalselpos.com – Menjelang musim penghujan ini, warga masyarakat Tapin agar tetap sepalu waspada perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit demam berdarah (DBD).

Hal itu disampaikan Bupati Tapin HM Arifin Arpan di saat di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin. Selasa (21/01/2020) kemarin siang.

Bacaan Lainnya

 

Baca juga=PSN dan 4M Plus cegah DBD

“Menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Tapin agar selalu waspada di saat musim hujan terhadap serangan penyakit demam berdarah, “pinta H Arifin kepada wartawan di Tapin.

Menurut Bupati dua priode saat ini kami mengkhawatirkan biasa menjelang musim hujan bisa terjadi wabah demam berdarah yang disebabkan oleh serangan nyamuk Aedes Aegypt dan ini sudah terjadi setiap tahun memasuki musim hujan.

Oleh karenanya kepada semua lapisan masyarakat agar bisa menjaga kebersihan lingkungan masing masing- masing dan mengajak agar membersihkan lingkungan untuk menghindari hal hal yang tidak dinginkan utamanya serangan penyakit demam berdarah.

 

“Saya mengajak untuk melakukan gerakan 3M dilingkungan rumah masing-masing yaitu menguras tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali barang bekas atau mengubur dalam tanah yang berpotensi jadi tempat berkembang biak nyamuk, “pinta Bupati.

Disamping itu pula saya juga menyarankan agar memakai obat nyamuk dan memakai body lation anti nyamuk serta juga kelambu saat tidur malam hari.

Kendatipun demikian apabila masyarakat kita mengalami demam cepat-ceoat dibawa di Puskesmas terdekat jangan sampai dibiarkan, kalau sudah dibawa bisa di tanggunggulangi agar tidak terjadi demam berdarah dan SBD tidak mewabah menjadi besar.

Mudah-mudahan DBD di Tapin bisa terjaga dengan baik dan tidak ada korban.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tapin Dr Alfian Yusuf mengatakan saat ini sudah memasuki musim penghujan, warga tetap mewaspadai adanya serangan demam berdarah yang tularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

Adapun langkah-langkah awal menyikapi hal tersebut akan segera mengeluarkan surat edaran yang langsung di tandatangani oleh Bupati Tapin terkait kewaspadaan terhadap penyakit demam berdarah.

Baca juga=PSN dan 4M Plus cegah DBD

Kemudian juga untuk selalu menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat utamanya lingkungan rumah sendiri.

“Mudah-mudahan adanya surat edaran tersebut daoat di ketahui semua lapisan masyarakat Tapin untuk mewaspadai serangan DBD, “katanya.

Penulis :dillah
Editor :wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait