Bupati Resmikan USB SDN 4 Haruyan Dayak

BARABAI, Kalselpos.com – Harapan masyarakat Haruyan Dayak untuk memiliki Sekolah Dasar akhirnya terealisasi. Bupati HST H A Chairansyah bersama Wakil Bupati HST Berry Nahdian Furqan meresmikan dan menyerahkan operasional Sekolah Dasar Negeri 4 Haruyan Dayak di Desa Haruyan Dayak Rt.05 Rw 01 Kecamatan Hantakan,Selasa (14/1) lalu.

Baca juga=Bupati Ajak Masyarakat Selalu Menjaga Kerukunan

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinas Pendidikan Chairiah,ST yang diwakili oleh Kabid Pembinaan SD Hj Jumratil Kiptiah,S.Pd, MM melaporkan Bantuan Unit Sekolah Baru (USB) merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Bantuan Unit Sekolah Baru SDN 4 Haruyan Dayak Kecamatan Hantakan dilaksanakan secara swakelola dengan nilai bantuan sebesar Rp.2.021.846.000 (Dua Miliyar Dua Puluh Satu Juta Delapan Ratus Empat Puluh Enam Ribu Rupiah ) dikerjakan mulai bulan April 2019 s/d Oktober 2019. Dana yang dipergunakan dana APBN 2019.

Lebih lanjut Jumratil Kiptiah menerangkan tanah yang dipergunakan ini adalah hibah dari tokoh masyarakat seluas 3.000 M2, sedangkan perencanaan dan pengawasan pembangunan USB ini dilaksanakan oleh Tim TAKOLA SMA yang ditunjuk langsung oleh KEMDIKBUD.

Adapun rincian bangunan USB SDN 4 Haruyan Dayak, Ruang kepala sekolah dan meubelair, Ruang guru dan meubelair, Ruang perpustakaan dan meubelair, Ruang serba guna dan meubelair, Ruang UKS dan Gudang masing – masing satu ruang, sedangkan Ruang kelas dan meubelair enam ruang , Toilet /WC ( 2 laki – laki, 2 wanita dan 1 desibel) lima ruang, Rumah dinas beserta meubelair satu unit ditambah lagi Lapangan upacara, Lapangan volly/ olahraga dan pagar sekolah dan gapura masing -masing satu buah.

Mengakhiri laporannya Jumratil Kiptiah juga mengatakan tenaga pengajar di Unit Sekolah Baru SDN 4 Haruyan Dayak ada satu kepala sekolah dan dua orang guru berstatus PNS dengan jumlah siswa 18 orang kelas satu dan 13 kelas dua.

Bupati HST A Chairansyah dalam sambutannya atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, seluruh Stakeholder dan orang – orang yang turut membantu, mewakafkan tanahnya serta berjuang sehingga Sekolah Dasar ini dapat diresmikan dan difungsikan.yang semua itu wujud nyata dari rasa kepedulian terhadap keberlangsungan anak cucu kita di kaki pegunungan meratus ini.

“Kami yakin dari lembaga pendidikan ini akan lahir generasi yang mampu membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten HST , mari kita jadikan momentum bersejarah ini sebagaj bagian usaha dan pengabdian kita mendukung program wajib belajar 12 Tahun,” ujarnya

kepada guru dan anak didik SDN 4 Haruyan Dayak Chairansyah berpesan agar mengajar dan belajar sebaik – baiknya tunjukkan dalam prestasi dan kreatifitasnya tidak kalah dengan sekolah lain, yakin lah kita juga mampu mewujudkan cita – cita kita dan menjadi orang yang sukses di kemudian hari.

Baca juga=Bupati Ajak Masyarakat Selalu Menjaga Kerukunan

Dalam kesempatan ini juga Bupati HST A Chairansyah didampingi wakil Bupati HST Berry Nahdian Furqan menyerahkan penghargaan kepada tokoh masyarakat bernama Injum bin Sawang atas partisipasinya memperluas akses pendidikan dengan menghibahkan tanah seluas 3.000M2 untuk bangunan USB SDN 4 Haruyan Dayak, dan juga menyerahkan bantuan alat tulis untuk siswa darI Murakata Jip Clup (MJC) yang diserahkan oleh ketua MJC Tommi Hidayat .

Penulis: adiyat
Editor: wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com