Disdik HSU Terapkan Pola 17-21

  • Whatsapp
Kadisdik HSU H Rahmat

AMUNTAI, Kalselpos.com – Dinas pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengeluarkan himbauan tentang melibatkan keluarga dala. proses pendidikan di satuan pendidikan.

Baca juga=Wakil Bupati HST Kunjungi Disdik

Bacaan Lainnya

Seusai hasil rapat kerjasama Kepala Sekolah se Kabupaten HSU kemarin. Kepala sekolah melalui Intruksi Kadisdik Nomor 131 Tahun 2019 tanggal 30 Desembet tahun 2019 tentang pelibatan keluarga dalam proses pendidikan pada satuan pendidikan lingkup Dinas Pendidikan.

Disdik menerapkan pola 17-21 atau yakni, dari pukul 17.00 hingga 21.00 digunakan keluarga untuk kebersamaan antara orang tua/ wali bersama anak, baik dalam kegiatan ibadah, makam dan literasi bersama dan kegiatan sejenisnya. Selain iti, pada waktu tersebut disarankan untuk tidak menyalakan TV atau menonaktifkan HP bagi anggota keluarga.

Kepala Disdik HSU H Rahmat mengatakan, dari waktu tersebut dapat dibangun suatu komunikasi yang baik antar orang tua dengan anak.

“Dengan adanya pola tersebut para orang tua dan siswa dapat melakukan kegiatan bersama baik dalam belajar ataupun acara keluarga lainnya, sehingga kedekatan keluarga lebih erat, ” terangnya.

Tambah Rahmat, Pendidik bukan hanya tanggung jawab sekolah. Akan tetapi peran serta masyarakat dan orang tua turut andil dalam perkembangan anak.

” Orang tua adalah hal paling utama dalam hal memengaruhi perilaku anak, yang mana pengalaman pertama anak itu didapat dari keluarga, ” ujarnya.

Dengan adanya pola ini, diharapkan mampu membangun kebersamaan pihak keluarga. Meski sekolah adalah tempat pendidikan, akan tetapi peranan orang tua turut terlibat secara nyata sesuai fungsinya meski tidak mengajar didepan kelas, nyatanya orang tua dapat memotivasi, membimbing, memberikan semangat ke anak dan orang tua juga dapat mendengarkan cerita hati dari anaknya.

“Hal itulah tujuan dari pola 17-21. Bukannya anak anti teknologi modern, gadget, TV tetapi kami ingin memberi ruang waktu antar keluarga untuk bersama-sama dalam harmonis kekeluargaan sehingga menimbulkan semangat bagi anak-anak dalam belajar, ” sampainya.

Baca juga=Wakil Bupati HST Kunjungi Disdik

Meski demikian pola dan intruksi ini masih dilingkup Disdik yakni SD dan SMP.

Penulis: adiyat
Editor: wandi
Penanggung Jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.