Kucuran DD Tanbu naik 1,3 Milyar

  • Whatsapp
Kepala Dinas PMD Tanbu, Nahrul Fajri.

BATULICIN, kalselpos.com – Tahun 2019 Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) mendapatkan kucuran Dana Desa (DD) dari Pemerintah Pusat sebanyak 120 milyar rupiah, tahun 2020 naik 1,3 milyar rupiah, menjadi 121,3 milyar.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanbu, Nahrul Fajri kepada Kalselpos, Senin (13/01).
“Dari jumlah total dana tersebut dibagikan ke 144 desa yang ada di Tanbu, untuk pembagiannya tidak sama, melihat dari jumlah penduduk dan luas wilayahnya, jadi kebutuhannya berbeda, ucap Nahrul Fajri.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Camat diminta monitoring DD

Dijelaskannya tehnik pencairannya untuk tahun 2020 berbeda dengan tahun 2019. “Pada tahun 2019 pencairannya dibagi tiga tahap. Tahap pertama pencairan 20% tahap ke dua pencairan 40% dan tahap ketiga 40%.
Sementara untuk tahun 2020 tahap pertama 40% tahap ke dua 40% dan tahap ke tiga 20%,” jelasnya.

Adapun proses pencairannya Nahrul Fajri juga menjelaskan, manakala desa sudah diteliti dan diverifikasi sesuai dengan administrasi yang berlaku maka DD bisa langsung dicairkan.

“Ketentuan pencairan tahap pertama paling cepat pada bulan Januari selambat lambatnya bulan Juni. pada pencairan kedua paling cepat bulan Juni paling lambat bulan Oktokber, begitu juga pada pencairan ke tiga paling cepat bulan Oktokber paling lambat bulan Desember,” pungkasnya.

Baca juga=Camat diminta monitoring DD

 

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.