HSS Terapkan Aplikasi SIM LPPD

  • Whatsapp
Dian Marlina Kepala Tapem HSS.

KANDANGAN, Kalselpos.com– Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menerapkan aplikasi berbasis web, yakni Sistem Informasi Manajemen (SIM) Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

Kepala Tapem Setda Kabupaten HSS, Dian Marliana, Senin (13/1), menjelaskan SIM LPPD merupakan suatu aplikasi berbasis web, yang mengelola laporan penyelenggaraan pemerintah daerah, yang dirancang khusus untuk mempermudah pengisian dan penyajian pelaporan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Bupati : Kecamatan Kandangan Bisa Jadi Promodel Kecamatan Lain‎

Menurut Dian, berdasarkan undang-undang nomor 32 tahun 2004, tentang pemerintah daerah, kepala daerah berkewajiban menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada pemerintah, yakni Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) kepala daerah kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan laporan penyelenggaraan pemerintah daerah kepada masyarakat.

Tindak lanjutnya itu, kata Dian, telah dikeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia (RI) nomor 3 tahun 2007, yang mengatur teknis penyusunan dan penyampaiannya SIM LPPD terdiri dari dua menu utama, yaitu ILPPD berisi informasi hasil LPPD pada tahun-tahun sebelumnya yang dapat diakses oleh masyarakat, dan LPPD aplikasi untuk mengelola LPPD pada tahun yang sedang berjalan.

MEMBUKA APLIKASI- Petugas membuka aplikasi berbasis web sistem informasi manajemen laporan penyelenggaraan pemerintah daerah.(Sofan)

Ia mengatakan, aplikasi SIM LPPD merupakan hal baru diterapkan di HSS, yang dibuat merupakan hasil kerjasama dengan Dinas Kominfo HSS, yang teknis pelaksanaannya masing-masing petugas di Satuan Organisasi Perangkat Paerah (SOPD), akan menginput data lampiran-lampiran indikator kinerja kunci. “Data yang telah telah diinput di bagian pemerintahan akan memverifiaksinya, dan akan digabungkan data-datanyat,” jelasnya.

Baca juga=Bupati : Kecamatan Kandangan Bisa Jadi Promodel Kecamatan Lain‎

Melalui aplikasi SIM LPPD, Dian berharap ke depan bisa meningkatkan hasil skoring LPPD, agar berbanding lurus dengan hasil SAKIP yang diterima. “Semoga dengan sistem elektonik aplikasi tersebut, kita bisa lebih baik lagi. Sebab, hasil LPPD masih peringkat 8 dari 13 kabupaten/kota,” ujarnya.

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.