Tanbu ingin bebas dari Sampah Plastik

MENYAMPAIKAN PAPARAN - Hj. Maryani saat menyampaikan paparannya Tanbu bebas dari sampah plastik.

BATULICIN, kalselpos.com – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) mengeluarkan larangan penggunaan kemasan dari bahan plastik, baik itu untuk kemasan makanan kering dan basah disetiap kegiatan pertemuan dan rapat di lingkup Pemkab Tanbu.

Hal itu merupakan kebijakan nasional guna pengurangan sampah jenis plastik berdasarkan amanat Undang Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Generasi Milenial kampanyekan Gerakan Bebas Sampah Plastik

Kemudian ditindaklanjuti Pemkab Tanbu dengan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penggurangan Pemakaian Kantong Plastik.

“Dasar itulah Pemkab Tanbu melarang penggunaan bahan plastik disetiap pertemuan dan rapat di lingkup Pemkab Tanbu,” kata Hj Mariani selaku Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tanbu, Kamis (09/0) di Batulicin.
Kemudian untuk mensukseskan program pengurangan sampah plastik di Tanbu ditindak lanjuti dengan surat edaran yang dikeluarkan DLH Tanbu, nomor P/660.2/64/DLH-PSLB3.1Bup/lV/2019 tentang penyediaan hidangan rapat bebas kemasan plastik.

Surat edaran itu tidak hanya berlaku bagi SKPD Pemkab Tanbu saja, tetapi juga berlaku bagi perusahaan swasta dan seluruh lapisan masyarakat.

Disarankanya, untuk kantin di perkantoran dan sekolahan agar tidak lagi menjual makanan berkemasan plastik. Gunakanlah kemasan dari bahan organik atau bahan yang mudah terurai melalui proses alam.

Baca juga=Generasi Milenial kampanyekan Gerakan Bebas Sampah Plastik

“Semua itu merupakan komitmen kita bersama agar Tanah Bumbu terhindar dari pencemaran lingkungan serta menjamin kelangsungan makluk hidup dan kelestarian ekosistem yang ada ,” pungks Hj Mariani.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Kalselpos.com

Pos terkait