Pasien Diare dan DBD di Tanbu Meningkat

  • Whatsapp
dr. Saifullah Saleh saat mencek ruangan pasien yang terserang diare dan DBD.

BATULICIN, kalselpos.com -Memasuki musim penghujan di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) masyarakat yang terserang Demam Berdarah Dengue (DBD) dan diare meningkat.

Hal itu diungkapkan dr. Saifullah Saleh SpPD. selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Andi Muhammad Abdurahman Tanah Bumbu, kepada Kalselpos (10/01/20) pagi.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Rumah Sakit Tipe C tak Boleh Tanggani Cuci Darah

Sejak bulan Desember hingga Januari, ruangan rawat inap di RSUD dr. Andi Muhammad Abdurahman banyak diisi oleh pasien yang terserang diare dan DBD.

Dijelaskan dr. Syaifullah hal itu disebabkan oleh paktor cuaca. Indikator nya adalah peralihan cuaca dari kemarau ke musim hujan. apalagi intensitas curah hujan cukup tinggi.

dr. Saifullah Saleh SpPD, Direktur
RSUD dr. Andi Muhammad Abdurahman Tanbu.

“Tentunya hal itu menyebabkan kondisi yang mempenggaruhi karakter lingkungan warga masyarakat, seperti kondisi air, tanah dan kotoran,” terangnya.

dr. Syaifullah menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati hati dalam mengkonsumsi air yang ada, tentunya hal itu untuk menghindari muncul nya penyakit seperti Diare dan DBD

“Begitu juga dengan perlunya menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama selokan,agar nyamuk yang menyebabkan DBD tidak bisa berkembang biak,” pintanya.

Baca juga=Rumah Sakit Tipe C tak Boleh Tanggani Cuci Darah

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Setia Budi telah mengintruksikan pembentukan Posko Kesehatan ditiap desa yang ditempatkan di tiap tiap Puskesdes dengan menyediakan tim medis dan logistik berupa obat obatan guna menanggulangi datang nya penyakit musiman Diare dan DBD.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga.

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.