Polres Kapuas hadapi Kontengensi Bencana

POLRES KAPUAS - Apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa Dua (II) Polres Kapuas di Kuala Kapuas, Kamis (9/1).

KUALA KAPUAS, kalselpos.com -Apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa Dua (II) dan pengecekan perlengkapan dilaksanakan Polres Kapuas di depan kantor Polsek Selat, jalan Maluku Kuala Kapuas, Kamis (9/1) pukul 07.30 WIB.

Apel yang dipimpin langsung Kapolres Kapuas, AKBP Esa Estu Utama SIK itu diikuti seluruh jajaran Polres Kapuas, BPBD Kapuas, Kodim 1011 KLK, Balakar 545 Kapuas, Tagana Dinsos Kapuas, dan Forkopimda Kapuas dalam rangka menghadapi kontengensi bencana di wilayah hukum Polres Kapuas.

Bacaan Lainnya

Baca juga=57 Personil Polres Kapuas “ditembak” Water Canon

Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol Drs Ilham Salahudin, SH M Hum yang dibacakan Kapolres Kapuas, menyampaikan, bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Kontijensi Aman Nusa Dua (II) ini di gelar serentak di Kalimantan Tengah.

Tujuannya adalah sebagai bentuk kesiapan TNI maupun Polri  dan steakholder lainnya dalam menghadapi bencana alam yang mungkin terjadi di Kalimantan Tengah.
Terlebih disaat ini sudah memasuki musim hujan, banjir dan puting beliung bisa saja terjadi kapan saja maka perlu diwaspadai.

“Hal yang perlu dipersiapkan, pasukan dan peralatan, mental dan pisik, keterampilan, hindari ego sektoral dan giatkan kordinasi, komitmen dan tumbuhkan partisipasi,” pinta Kapolda.

Sementara, Kepala BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga SH, menambahkan, potensi bencana di Kabupaten Kapuas, untuk banjir ada lima titik, di hulu ada empat kecamatan dan di hilir satu kecamatan. Puting Beliung ada dibeberapa kecamatan,

“Kita memiliki satu satunya peralatan peringatan dini banjir di Kalimantan Tengah di Sungai Pinang,” terang Panahatan Sinaga.

Kemudian, Ketua DPRD Kapuas, Ardiansyah, SHut sangat mendukung adanya gelar pasukan dan kesiapan peralatan guna menghadapi terjadinya musibah di bumi Kalimantan Tengah khususnya di Kapuas.

Baca juga=57 Personil Polres Kapuas “ditembak” Water Canon

Dandim 1011/ KLK, Letkol Kav. Bambang Kristianto Bawono, menambahkan personil dari TNI yang ada dalam jajaran Kodim siap bersinergi untuk menghadapi ancaman bencana.

“Kita siap membantu penanggulangan dan mengamankan serta meminimalisir akibat dari bencana,” tegas Bambang.

 

Penulis: Iwan Cavalera
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Kalselpos.com

Pos terkait