Pilkada 2020 PNS harus Netral

Kamiludin Malewa, Ketua Bawaslu dan M. Sakra Efendi Divisi PHL saat ditemui Kalselpos di kantornya, Rabu (08/01).

BATULICIN, kalselpos.com – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) baik pemilihan Gubernur Kalimantan Selatan ataupun pemilihan Bupati, suasana Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) relatif kondusif.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tanbu yang didampingi M. Sakra Efendi selaku divisi Pengawasan Hubungan Lintas Masyarakat (PHL) Bawaslu Tanbu Kepada Kalselpos Rabu (08/01/20) sore di Kantor Bawaslu Tanbu.

Bacaan Lainnya

Baca juga=Bupati Tanah Bumbu Buka Batulicin Festival 2019

“Sampai dengan bulan Maret masih dalam tataran penataan para bakal calon di jalur perorangan atau independen. Alasan inilah yang mungkin situasi masih belum begitu nampak panas,” ucap Kamiludin Malewa.

Dijelaskannya, kedepan pihak Bawaslu Tanbu, akan mengajak para wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk turut serta terlibat dalam pengasawan Pilkada 2020 supaya jujur adil dan aman.

Diharapkanya, bercermin kepada Pileg dan Pilpres tahun kemarin, kesuksesan di tahun 2019 bisa di realisasikan dengan Pilkada 2020 kedepan.

“Selain itu, kami harapkan netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam Pilkada nanti,” pintanya.

Ditegaskanya, PNS harus netral baik keterlibatan para PNS secara langsung ataupun secara tidak langsung. dalam hal ini, secara tidak langsung adalah keterlibatan dalam menggunakan sosial media. baik Whattsap, Facebook, Twiteer, IG dan sebagainya.

Ditambahkan oleh Muhammad Sakra Efendi, selain melibatkan wartawan dan LSM dalam pengawasan Pilkada nanti akan ada juga Nota Kesepakatan dengan para Kepala Desa (Kades). sebab Kades pun dituntut untuk bisa mengawasi jalan nya Pilkada selain dari netralitasnya.

Baca juga=Bupati Tanah Bumbu Buka Batulicin Festival 2019

“Kami Bawaslu juga akan menyediakam pos pengaduan atas laporan baik pelanggaran hingga kecurangan yang terjadi sepanjang proses Pilkada berjalan di tiap Panwascam yang bertempat ditiap Kantor Kecamatan,” ujarnya.

Penulis: Kristiawan
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

1 Komentar