Gelar Sarjana adalah Amanah

  • Whatsapp
Siswansyah, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekdaprov Kalsel

BANJARMASIN, kalselpos.com – Momentum yudisium hendaknya dapat menjadi renungan, semangat dan inspirasi untuk menjadi sarjana yang profesional, berdaya saing, berakhlak mulia serta memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, nusa dan bangsa khususnya bagi banua Kalimantan Selatan.

Baca juga=Basarnas Banjarmasin bantu Korban Banjir di Jakarta

Bacaan Lainnya

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekdaprov Kalsel, Siswansyah pada acara Yudisium Jurusan Ilmu Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi Uniska Banjarmasin, bertempat di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Senin (6/1/2020).

Disampaikannya, dengan yudisium ini, maka semakin banyak masyarakat Kalimantan Selatan yang menyandang atau memiliki gelar sarjana, khususnya sarjana di bidang Ilmu Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi.

“Dengan bertambahnya para sarjana di dua bidang ilmu tersebut di daerah kita, tentunya banyak harapan kita  titipkan kepada mereka,” ujar gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Gubernur mengatakan, jejak langkah mereka dapat menjadi teladan bagi generasi penerus banua untuk menjadi sarjana dan menjadi sumber daya manusia yang mampu membangun dan perwujudan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Selatan.

“Dewasa ini perkembangan dunia administrasi publik dan komunikasi semakin maju dan berkembang seiiring dengan perkembangan zaman. Bagaimana kita melihat pentingnya administrasi dalam mengelola sebuah organisasi pemerintahan daerah,” ujarnya.

Menurut Paman Birin, kesalahan atau kekeliruan dalam hal administrasi dapat berakibat fatal, bahkan bisa berujung pada tindakan melanggar hukum. Tidak hanya bagi pemerintah daerah, perusahaan, lembaga pendidikan, ormas dan organisasi ataupun berbagai kegiatan yang digelar, juga meyakini akan pentingnya sebuah administrasi.

“Begitu juga dibidang komunikasi, kita melihat sangat maju dan memiliki pengaruh yang besar terhadap peradaban manusia sekarang ini,” ujarnya.

Dengan dukungan kemajuan teknologi informasi, papar gubernur, bidang ilmu komunikasi juga semakin maju dan kreatif serta memiliki tantangan tersendiri.

“Kalau dulu kita melakukan promosi atau menyampaikan informasi melalui media cetak, televisi dan radio. Kini banyak media, ada media online, YouTube yang menuntut kita harus kreatif, harus mengikuti perkembangan zaman, jika tidak, kita akan tertinggal,” pesan Paman Birin.

Gubernur juga mengingatkan, bahwa gelar sarjana yang diberikan jangan hanya dipandang sebagai gelar akademik yang diberikan karena sudah selesai dan lulus dari perguruan tinggi, namun lebih dari itu, gelar sarjana merupakan amanah yang harus dijaga dan dipertanggungjawabkan.

Baca juga=Basarnas Banjarmasin bantu Korban Banjir di Jakarta

“Setidaknya bagi yang menyandang gelar sarjana, pribadinya harus lebih baik dari sebelumnya. Lebih baik dari orang yang belum memiliki gelar sarjana. Lebih baik pengetahuannya, keilmuannya, pengalaman,  semangat belajar maupun motivasinya dan yang penting memiliki akhlak mulia,” ujar Paman Birin.

Penulis: Anas Aliando
Editor: Bambang CE
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.