Dewan bahas 4 Raperda “ramah” Investasi

oleh -439 views
Anggota DPRD Kalsel ketika melaksanakan kunker ke Direktorat Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sesuai arahan presiden RI, Joko Widodo agar pemerintah sampai ketingkat daerah agar bisa memangkas sistem birokrasi yang panjang dan bertele-tele terkait dengan perizinan maupun hal lainnya yang berhubungan dengan dunia usaha, sehingga diharapkan adanya kemudahan bagi pelaku usaha dalam berinvestasi di Indonesia.

Baca juga=Debut Perdana, PS Hartati imbangi Banjarmasin Old Star.

“Sektor investasi dunia usaha ini harus dipermudah dan ini telah disampaikan presiden,” ujar Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H. Supian Hk, disela-sela kunjungan kerja Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) DPRD Provinsi Kalsel ke Direktorat Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri, Jumat (29/11).

Ia menambahkan, legislatif secara penuh
mendukung kebijakan Pemerintah Pusat terkait regulasi atau peraturan daerah (Perda) yang ramah investasi agar pelaku usaha dapat melakukan investasi usahanya dengan baik sehingga pertumbuhan ekonomi di Kalsel berjalan dengan baik sehingga terciptanya iklim usaha yang kondusif guna mengangkat perrkonomian masyarakat.

“Kami ingin birokrasi ini tidak memberatkan para pelaku usaha justru sebaliknya berbagai kemudahan yang diberikan,” harap politisi Golkar ini.

Sementara itu, Ketua BP Perda DPRD Provinsi Kalsel, H Hormansyah mengatakan, dari 20 Raperda yang ada dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) 4 Raperda diantaranya berkaitan langsung dengan investasi yaitu 1. Raperda tentang rencana pembangunan dan pengembangan perumahan dan kawasan pemukiman, 2. pembangunan perkebunan berkelanjutan, 3. penyelenggaran pariwisata, dan 4. pemberdayaan desa wisata.

“Perda tersebut nantinya dijadikan regulasi dan kita akan perhatikan agar ramah investasi,” terangnya.

Oleh karena itu perda nantinya mengedepankan isi produk hukum yang berkualitas sebagai landasan aturan dibawah undang-undang atau peraturan pemerintah.

Tujuannya jelas agar perda nantinya berkualitas dan bisa menjawab keinginan pelaku usaha terkait kemudahan jalur pelayanan sehingga investasi sektor perekonomian terus membaik.

“Kita harapkan nantinya perda yang dihasilkan lebih berkualitas untuk mempersempit dan mempermudah jalur pelayanan serta tidak menghambat investasi,” sebut politisi PKB ini.

Baca juga=Debut Perdana, PS Hartati imbangi Banjarmasin Old Star.

Dilain sisi Direktur Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sukoyo berpesan agar mereview perda-perda yang telah lalu agar bisa menyesuaikan dengan kondisi saat ini dengan harapan terciptanya iklim investasi usaha yang kondusif sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com