Bikin Akta Kelahiran bisa Online

oleh -147 views
SUASANA- Suasana diruang operator pembuatan akta secara online Dinas Kendudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten HSS.(Sofan)


Makin Mempermudah dan Mempercepat Pelayanan

===========

KANDANGAN, Kalselpos.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat telah membuka layanan pembuatan akta kelahiran secara online melalui web https://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id.‎

MENGURUS DOKUMEN- Warga mengurus dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten HSS.(Sofan)

Baca juga= Kodim Kandangan Peringati Hari Disabilitas Internasional

“Aplikasi pelayanan akta kelahiran untuk mempermudah masyarakat dan tertif admistrasi kependudukan,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Catatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipili Kabupaten HSS, Ahmad Hudaibi, Selasa (3/12).

‎Dijelaskan Hudaibi, untuk membuat akta kelahir ini masyarakat bisa membuka melalui Web kemendagri dengan membuat akun dan mendaftakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Handpone (HP).

ANTRIAN- Wargan antri mengurus dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten HSS.‎(Sofan)

Setelah selesai, kata Hudaibi, selanjutnya pemohon akan mengikuti petunjuk yang ada di dalam aplikasi, seperti mengunggah poto/scan surat keterangan kelahiran, nama dan identitas, kartu keluarga,  kartu tanda penduduk orang tua, dan kutipan akta nikah. “Membuat akta kelahiran secara online bisa diakses kapan dan dimanapun,” ujarnya.

Nah, setelah selesai membuat akun dan mendaptar melalui aplikasi di web ‎kemendagri, maka akan masuk ke operator Dinas Dukcapil Kabupaten HSS. “Setelah permohonan di setujui atau di ACC akan diberikan pemberitahun melalui nomor hanpone dan email yang terdaftar,” ujarnya.

MEMBUKA APLIKASI- Petugas operator membuka aplikasi pembuatan akta kelahiran online.(Sofan)

Ia berharap, melalui aplikasi yang disedia oleh Kemendagri tersebut, masyarakat bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat akta kelahiran secara online, yang bisa dibuat dimanapun dan kapanpun,” ujarnya.

‎Sementara itu, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten HSS, Rahmad, menambahkan dalam pembuatan akta kelahiran secara online tersebut, jika sudah selesai bisa dicetak sendiri melalui aplikasi online.

Baca juga= Kodim Kandangan Peringati Hari Disabilitas Internasional

“Jika masyarakat menginngikan akta kelahiran yang aslinya bisa datang langsung ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membawa salinan yang telah dicetak melalui aplikasi online,” ujarnya.‎

Penulis : Sofan
Editor : Wandi
Penanggung Jawab : SA Lingga

 

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com