Jumlah Kriminalitas Kota Banjarmasin Menurun

BANJARMASIN, Kalselpos.com -Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sumarto memaparkan beberapa kejahatan konvensional yang sering terjadi di tengah masyarakat. Dan diakuinya rata-rata jumlah kriminalitas di kota Banjarmasin menurun.

Hal tersebut dikatakannya kepada wartawan di Aula Rupatama Mapolresta Banjarmasin, Rabu (31/12/2019).

Beberapa kejahatan konvensional yang sering terjadi di tengah masyarakat itu pertama kasus pembunuhan, pada 2018 terjadi sebanyak 10 kasus pembunuhan dan berhasil diungkap sebanyak 8 kasus.

Baca juga=Muay Thai Kota Banjarmasin siap Cetak Atlet Banua

Sedangkan pada 2019 terjadi 9 kasus pembunuhan dan dapat diungkap keseluruhan oleh jajaran Polresta Banjarmasin, serta ditambah 1 kasus yang belum terungkap pada tahun sebelumnya.

“Apabila dibandingkan dengan 2018 terjadi trend penurunan kasus pembunuhan pada  2019 di Banjarmasin,” ujarnya.

Kedua, penganiayaan berat meningkat selama 2019. Tercatat sebanyak 79 laporan kasus masuk dengan jumlah kasus yang terungkap sebanyak 57 kasus.

Sedangkan pada 2018 hanya tercatat 64 kasus dengan jumlah kasus terungkap sebanyak 56 kasus.

“Dari data tersebut, terjadi peningkatan sebanyak 23 persen,” katanya.

Ketiga Pencurian, tercatat sebanyak 113 kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) terjadi pada  2018 dengan kasus yang terungkap sebanyak 66 kasus.

Meski begitu, pada tahun 2019 terjadi penurunan, tercatat sebanyak 108 laporan Curat dengan jumlah pengungkapan sebanyak 58 kasus.

Sedangkan pada kasus pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian biasa pada tahun 2018 terjadi sebanyak masing-masing 24 dan 155 kasus. Pada 2019 terdapat masing-masing 30 Curas dan 131 pencurian biasa.

Sementara itu terjadi kenaikan sebanyak 9 persen pada kasus pencurian kendaraan bermotor dengan jumlah perbandingan sebanyak 137 kasus pada tahun 2018 yang meningkat menjadi 150 kasus pada tahun 2019.

Kapolresta Banjarmasin juga memaparkan angka tertinggi usia pelaku kejahatan didominasi oleh pelaku berusia 26 hingga 35 tahun dan pada peringkat kedua didominasi pelaku dengan usia 15 hingga 25 tahun.

“Trend penurunan ini tak lepas dari upaya kepolisian untuk terus menjaga situasi Kamtibmas, salah satunya dengan melakukan patroli pada jam-jam rawan tindak kejahatan,” ujarnya.

Ia berharap, seluruh masyarakat juga turut menjaga trend positif ini dengan bersama menjaga Kamtibmas di kota Banjarmasin.

Baca juga=Muay Thai Kota Banjarmasin siap Cetak Atlet Banua

“Semoga ditahun yang akan datang kami Polresta Banjarmasin bisa menjaga Kamtibmas di wilayah hukum Mapolresta dengan seluruh upaya dengan cara-cara preventif,” tutupnya.

Penulis: Hafizd
Editor: Bambang CE
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait