Relawan BPK sampaikan Aspirasi ke anggota DPD RI

Habib Hamid Abdullah berfoto bersama para relawan BPK Nahdhatussalam

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Nahdhatussalam, menyampaikan aspirasi saat acara reses anggota DPD RI Utusan Kalsel, Habib Hamid Abdullah, Minggu (15/12) lalu.

Dari pertemuan tersebut para anggota relawan kemanusiaan ini menyampaikan beberapa poin diantaranya terkait dengan asuransi anggota pemadam kebakaran swasta serta bantuan dana operasional dari pemerintah pusat, sebab misi kemanusiaan yang di jalankan para relawan pemadam ini tanpa kenal lelah dan waktu.

Baca juga=Muay Thai Kota Banjarmasin siap Cetak Atlet Banua

Semua dijalankan dengan ketulusan, keikhlasan menolong sesama, apalagi Kota Banjarmasin salah satu daerah rawan terjadinya kebakaran. ”Ya saat ini untuk operasinal BPK memang murni dari usaha kami, kedepan kami harap ada bantuan dari pemerintah,” ujar 02 BPK Nahdhatussalam, Damai Mediawan Makkie.

Anggota DPD RI Utusan Kalsel, Habib Hamid Abdullah mengungkapkan, apresiasi apa yang menjadi niat tulus dan misi kemanusiaan dari ormas BPK Nahdhatussalam dan ratusan BPK yang ada di Banjarmasin.

“Kalau di hitung lebih dari 500 organisasi BPK yang terdaftar resmi di Pemerintah Kota (Pemko) artinya jumlah ini sangat besar bahkan terbanyak se Asia,” ungkapnya.
“Ini sebagai bukti bahwa orang Banjar itu suka menolong tanpa pamrih semua diniatkan ibadah dan ikhlas karena Allah,” ujar Habib Hamid.

Terkait asuransi bebernya, pemko setempat sudah menyediakan, bagi ormas BPK swasta yang resmi terdaftar. Dengan melengkapi administrasi yang telah dipersyaratkan seperti akte notaris, surat Kemenkumham dan lainnya. “Tapi memang masih banyak BPK swasta, yang belum melengkapinya karena memerlukan biaya yang tidak sedikit,” cecarnya.

“Ya memang aturan diatas kertas cukup memberatkan bahkan ormas BPK yang dinyatakan lengkap administrasi belum mencakup keseluruhan masih dibawah 5%,” terangnya.

Habib Hamid mengaku, apapun aspirasi yang disampaikan akan diteruskan ke pemerintah pusat agar mendapatkan perhatian dan ia pun berjanji akan memperjuangkan sesuai dengan tupoksinya sebagai anggota DPD RI.
“Aspirasi itu bermacam-macam, untuk itulah reses ini diadakan menyerap keinginan dari paling bawah,” tuturnya.

Selain menyerap keinginan ormas BPK, Habib Hamid juga menjelaskan perihal tugas dan kewenangan anggota DPD RI di tingkat pusat sesuai dengan amanah UID 1945, diantaranya terkait dengan otonomi daerah dimana setiap kabupaten kota bisa mengatur perihal sistem roda pemerintahan maupun dunia usaha setempat namun tetap mengacu pada regulasi yang telah diatur didalamnya.

Baca juga=Muay Thai Kota Banjarmasin siap Cetak Atlet Banua

Disamping itu juga ada beberapa poin penting lainnya yaitu perihal perekonomian, ESDM, lingkungan, pendidikan dan lainnya.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggung jawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com

Pos terkait