Penumpang Kapal Fery diimbau Utamakan Keselamatan

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Meningkatnya pengguna jasa fery penyeberangan menjelang dan saat Natal hingga Tahun baru 2020, Polsek Kapuas Barat memasang spanduk peringatan dan imbauan keselamatan bagi pengguna jasa Fery penyeberangan Saka Mengkahai – Sungai Pitung, Sabtu (14/12).

Bacaan Lainnya

Baca juga=Jembatan Ujung Murung bakal jadi Maskot Kota Kuala Kapuas

Kapolsek Kapuas Barat, Ipda Eko Sutrisno SH MH, menjelaskan, himbauan tersebut dipasang di semua kapal fery penyeberangan yang beoperasi. Juga dilakukan pemasangan baliho di depan pintu masuk dan keluar pelabuhan fery.

“Harapan kita masing masing pihak, baik pengguna maupun pemilik atau penyedia jasa penyeberangan, ikut peduli dan sadar dengan perlunya pencegahan dan antisipasi terjadinya musibah. Sebagaimana kita ketahui bahwa pencegahan itu lebih baik daripada menanggulangi atau mengatasi jika terjadi hal yang tidak dikehendaki,” ujar Ipda Eko Sutrisno.

Pihaknya juga menekankan, keselamatan jiwa adalah tanggungjawab bersama. “Maka, larangan kita tekankan bagi penumpang yang menggunakan mobil, untuk tidak berada didalam mobil guna pencegahan terjadinya korban jiwa,” ingatnya.

“Karena selama ini banyak ditemukan  adanya penumpang yang tidak mau turun dari mobilnya, bahkan  jika diingatkan oleh awak fery tidak jarang masyarakat penumpang yang berdada didalam mobil justru tidak terima dan melakukan perlawanan,” tegas Ipda Eko Sutrisno.

“Padahal hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kerugian jiwa jika terjadi musibah,” tandasnya lagi.

Upaya pencegahan ini akan terus disosialisasikan dan dilakukan secara rutin dan berkelanjutan oleh petugas Polsek Kapuas Barat, dengan harapan dalam menghadapi liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020, tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Dan masyarakat dapat merasakan sukacita dan gembira dalam merayakan hari Natal 2019 khususnya di wilayah hukum Polsek Kapuas Barat dan Polres Kapuas pada umumnya.

Baca juga=Jembatan Ujung Murung bakal jadi Maskot Kota Kuala Kapuas

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan tehadap kelengkapan dan fungsi daripada alat keselamatan seperti life jaket atau pelampung, lampu penerangan, APAR, mesin pompa air, genset dan sarana keselamatan lainnya.

Penulis : Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com