Remaja dan Permasalahannya

oleh -440 views

BANJARBARU, Kalselpos.com Berbicara tentang remaja akan banyak hal yang akan menjadi perhatian. Mulai dari pendidikan, pergaulan, serta kenakalan khas remaja lainnya.

Permasalahan remaja dalam masa pertumbuhan sudah seharusnya menjadi perhatian kita bersama. Karena sudah barang tentu, hal ini akan berkaitan dengan berbagai persoalan yakni pemberdayaan, kesehatan mental, seksualitas, dan kesehatan reproduksi dari remaja.

Sebagai langkah awal dalam rangka menyelamatkan remaja dari ancaman pergaulan bebas, Napza yang saat ini menjadi momok yang menakutkan dan pernikahan dini, maka remaja harus jadi tokoh utama Program Keluarga Berencana.

Pendidikan tentang kesiapan remaja dalam berbagai hal selaras dengan program yang di tawarkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), sebagai lembaga yang diberi tugas untuk mewujudkan terciptanya keluarga yang sejahtera.

Program Keluarga Berencana (KB) perlu digalakan dengan menyelaraskan segala tantangan baik dari aspek hukum, aspek sosial dan aspek budaya. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk membangun SDM berkualitas, yang mandiri dan terdepan.

Selain itu perlu diingat kembali bahwa beban produksi dari generasi muda yang banyak dalam masa produktif bisa menjadi bom waktu, terutama jika dilihat dari sisi pemuda sebagai objek produksi dan reproduksi.

Karenanya, generasi muda perlu dibekali keterampilan dan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi yang berkualitas, sehingga akan tercipta remaja remaja cerdas, yang siap berkarya untuk masa depan bangsa.

Penulis : Jumiatun S.Sos/Penyuluh KB, Banjarbaru
Penanggung Jawab : S.A. Lingga