Pembangunan Jalan Poros Banjarbaru – Batulicin Terus Digeber

oleh -679 views
Roy Rizali Anwar, Kadis PUPR Provinsi Kalsel.(Anas Aliando)

 

BANJARMASIN, kalselpos.com – Pembangunan jalan poros baru Banjarbaru – Batulicin terus digeber. Akhir tahun 2020 jalan tersebut ditarget sudah bisa difungsikan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar kepada kalselpos.com, Sabtu (30/11/2019) siang.

Baca juga=Debut Perdana, PS Hartati imbangi Banjarmasin Old Star.

“Target kita akhir tahun 2020 jalan sudah fungsional, tahun depan kita akan bangun tiga atau empat jembatan lagi dan sebagian jalan sudah dalam tahap pengerasan batu yang dipadatkan,” ujar Roy.

Disampaikannya, untuk jembatan diatas sungai sudah sebagian besar diselesaikan. “Kita akan tingkatkan terus menjadi jalan aspal sambil mencari sumber pendanaan lain dari pihak ketiga,” cetusnya.

Roy menjelaskan, untuk pembangunan jalan kurang lebih sepanjang 180 kilometer tersebut, selama ini tidak menemui kendala yang berarti. “Kendala kita ya cuma di pendanaan. Kita berharap APBN masuk minimal kerjasama pemerintah dan badan usaha atau KPBU,” harapnya.

Diutaraknya, dengan tembusnya jalan akses Banjarbaru – Batulicin, maka masyarakat sangat diuntungkan karena waktu bisa dipangkas dan membuka akses baru beberapa desa yang dilintasi pembangunan jalan. “Biasanya kalau ke Batulicin dan sebaliknya waktu yang ditempuh 6 sampai 7 jam, dengan melewati jalan ini hanya diperlukan waktu 2,5 sampai 3 jam saja. Ada lima atau enam desa yang dulunya termasuk teresoler, saat ini sudah  terbuka,” ujarnya.

Baca juga=Debut Perdana, PS Hartati imbangi Banjarmasin Old Star.

Kedepannya, lanjut Roy, jalan poros Banjarbaru – Batulicin menjadi lalu lintas angkutan berat. “Kontruksi kita minta standar angkutan berat. Nanti angkutan berat kita arahkan lewat sana menghubungkan Batulicin dengan kawasan strategis nasional Banjarbaru-Batulicin,” tutupnya.

Penulis: Anas Aliando
Penanggungjawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com