Layanan Cuci Darah Tetap Berjalan

oleh -280 views

BATULICIN,Kalselpos.com-Berdasarkan Permenkes no 30 th 2019 tentang klasisfikasi dan perizinan terkait layanan cuci darah Rumah Sakit tipe c tidak dibolehkan melakukan pelayanan cuci darah atau Hemodialisis namun pihak H. Andi Abdurrahman masih memberikan layanan terabyte.

Baca juga=BEM Stikes Darul Azhar Batulicin Gelar Seminar Nasional Kesehatan

dr. Syaifullah Direktur RSUD H. Andi Abdurrahman kepada Kalselpos (4/11) yang di dampingi oleh Kabid Pelayanan RSUD H. Andi Abdurrahman dr. Made Heryadi Theyana  dan Kabag TU M. Shaleh Menjelaskan bahwasa nya di RSUD H. Andi Abdurahman masih tetap melayani cuci darah.

Disampaikannya, mereka tetap memberikan layanan mengingat kebutuhan pelayanan cuci darah ditanbu masih cukup tinggi. dari siklus pelayanan di hampir tiap bulan meningkat, apalagi ada perkembangan baru terkait Permenkes no 30 th 2019 tersebut.

Sementara it dr. Made Heryadi Theyana Selaku Kabid Pelayanan mengatakan, Implementasi Permen 30 masih belum bisa dilaksanakan.

“Masih ada kajian kajian dari Asosiasi Rumah Sakit dan Asosiasi Dokter Indonesia dengan Kementerian Kesehatan RI dijakarta,”ujarnya.

Bahkan ter tanggal hari ini 4 November, sudah ada surat edaran penundaan terkait dengan Permenkes no 30 dari pihak Kemenkes. dan itu surat edaran tersebut sudah disampaikan ke dr. Syaifullah selaku Direktur RSUD H. Andi Abdurrahman.

“Untuk pelayanan cuci darah di RSUD H.Andi Abdurrahman tetap ada untuk masyarakat luas khusus nya masyarakat Bumi Bersujud,”beber dr. Made Heryadi Theyana.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, H. Damrah M. Kes membenarkan akan hal tersebut.

Bahwasanya, surat edaran penundaan dari Kemeskes RI menyangkut dengan ikhwal tersebut masih dalam tahap evaluasi kemungkinan besar juga bisa di revisi kembali.

Baca juga=BEM Stikes Darul Azhar Batulicin Gelar Seminar Nasional Kesehatan

“Mengingat Sumberdaya Daya Manusia dan Sarana Prasarana di Rumah Sakit ber tipe C memenuhi syarat untuk melakukan pelayanan cuci darah begitu juga kebutuhan pelayanan masyarakat untuk cuci darah sangat tinggi di daerah,” pungkasnya.

Penulis:Kristiawan
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com