Komandan Kodim Tinjau Lokasi Eks Kebakaran

oleh -217 views

KOTABARU, kalselpos.com – Komandan Kodim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto, S.Sos didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru Drs H Said Akhmad, MM melaksanakan rapat koordinasi penataan lokasi pasca musibah kebakaran,

Rapat koordinasi ini bertempat di Ruang Aula Puskesmas Desa Sungai Bali Kecamatan Pulau Sebuku, Selasa (26/11). Yang dihadiri oleh Asisten II Sekda, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait, Kapolsek setempat, pihak dari perusahaan, para kepala desa dan Ketua RT di Pulau Sebuku.

Baca juga=Dinkes Kotabaru Peringati HKN

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad mengatakan bahwa, Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Kotabaru sudah melihat dan meninjau langsung lokasi tempat terjadinya kebakaran, dan sesusai dengan petunjuk dan arahan beliau kepada para kepala desa, ketua RT serta warga masyarakat Pulau Sebuku nantinya lokasi eks kebakaran ini akan diratakan dan ditimbun dengan tanah hal ini untuk dapat dibangun kembali tetapi tidak lagi dibagun dengan bentuk rumah panggung melainkan akan dibangun dengan beton.

“Tentunya untuk pelaksanaan pembangunan rumah warga ini kita akan mencari tenaga teknis yang bisa menata agar rumah yang akan dibangun nanti terlihat rapi dan sehat dan tidak kelihatan kumuh dan layak huni sedangkan untuk penataan infrastruktur harus terencana dengan baik sesuai dengan teknik dan teknis dilapangan sedangakan untuk saluran air laut nantinya akan kita carikan solusinya nanti,” ungkap Sekda.

Hal senada juga disampaikan oleh Komadan Kodim 1004/Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto, kami sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas kekompakan, kebersamaan dan kinerja para relawan baik dari TNI/Polri, BPBD, serta pihak dari perusahaan yang yang terus bahu-membahu dalam membantu para korban kebakaran di Pulau Sebuku sampai saat ini.

Lebih jauh dijelaskan bahwa,

Pemerintah Daerah sampai Pemerintah Pusat sudah datang dan meninjau lokasi musibah kebakaran ini serta terus memberikan dukungan baik dukungan moril, tenaga sampai dengan dukungan anggaran. Serta mekanisme penampungan bantuan baik dari luar daerah maupun dari dalam agar tetap terkoordinir dan tepat pada sasaran.

“Saya meminta kepada seluruh perangkat desa baik dari luar Pulau Sebuku agar kiranya tetap saling bahu membahu dalam membantu saudara-saudara kita yang saat ini lagi mendapat musibah,” harap Dandim.

Yang lebih penting lanjutnya, adalah dalam hal pendataan lahan milik warga para korban kebakaran nantinya harus secara ril dan santun dari segi luas lahannya agar kedepan nanti tidak menimbulkan permasalahan sesama warga hal ini terlihat banyakanya rumah yang terbakar baik di RT 1, 3 dan 4 yang mencapai 153 rumah dengan 155 Kk dan 405 jiwa.

“Kita perlu mendengarkan keluhan-keluhan dari para korban kebakaran ini apa saja yang mereka sampaikan tentuya kita dapat menyikapinya dengan bijak seperti halnya dalam pembuatan MCK dilokasi pengungsian sementara dan yang lainnya,” jelasnya kemudian.

Sedangkan Manager External Relation Rusyadi Kamrus dari PT SiLO juga mengatakan bahwa, kami akan selalu siap membantu untuk kebutuhan sembako bagi para korban kebakaran dan juga memberikan penerangan bagi Pulau Sebuku sampai ada penerangan dari pemerintah. Sedangkan untuk penyaluran air bersih kepada para korban ini sudah kami lakukan dan penimbunan tanah ke lokasi lahan kebakaran kami pun akan membantu dengan maksimal.

Baca juga=Dinkes Kotabaru Peringati HKN

Acara diakhiri dengan kunjungan Komandan Kodim 1004 kelokasi tempat kebakaran dan tempat pengungsian serta memberikan arahan kepada anggota Koramil Pulau Sebuku.

Penulis : Muliana/ardiansyah/uzi
Editor : wandi
Penanggung jawab: SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com