Kemendagri Gelar Rakoreg PBB dan PPh se Kalimantan

oleh -230 views
Kabid Pendapatan Retribusi Perimbangan dan Lainnya Bakeuda Provinsi Kalsel, Dinansyah, S.sos Ketika Menyampaikan isi arahan Direktorat Pendapatan Daerah Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri

BANJARMASIN, Kalselpos.com -Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar sosialisasi Optimalisasi Pendapatan Daerah Dalam meningkatkan pembangunan berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah serta Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2016 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Pemungutan Pajak Daerah. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Baca juga=Debut Perdana, PS Hartati imbangi Banjarmasin Old Star.

Demikian disampaikan Kasubdit Pendapatan Daerah Wilayah III Direktorat Pendapatan Daerah Jenderal Bina Keungan Daerah Kemendagri, Dr Sumule Tumbo,SE, MM melalui Kabid Pendapatan Retribusi Perimbangan dan Lainnya Bakeuda Provinsi Kalsel, Dinansyah, S.Sos di acara Rakoreg PBB dan PPh se Kalimantan di Banjarmasin, 25 sampai 27 Nopember 2019.

Dalam paparannya
usaha untuk memperbesar penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dengan cara melakukan pemungutan yang lebih giat, ketat dan teliti dengan menyesuaikan dan memperbaiki aspek kelembagaan maupun organisasi pengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Adapun perangkat sesuai dengan kebutuhan terus berkembang, yaitu menerapkan secara optimal sistem dan prosedur administrasi pajak daerah, retribusi daerah dan penerimaan pendapatan lain.

Organisasi Badan pendapatan daerah melakukan fungsi-fungsi dalam organisasinya antara lain, pendaftaran dan pendataan, penetapan, pembukuan perencanaan dan pengendalian operasional.

Membangun sistem pelayanan pembayaran dengan memanfaatkan tekonologi informasi atau sarana yang
memadai, meningkatkan efisiensi administrasi dan menekan blaya pemungutan dan pelaporan, penagihan terhadap penunggak pajak serta
peningkatan pengawasan dan pengendalian serta pemberian sanksi yang tegas (administratif dan pidana)
peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan meningkatkan kegiatan penyuluhan/sosialisasi kepada
masyarakat membayar pajak dan retribusi.

Kemudian terkait usaha yang dilakukan pemerintah daerah penciptaan sumber-sumber pajak daerah dan retribusi daerah atau perluasan/penambahan terhadap jenis pendapatan yang selama ini belum dapat dipungut, namun dihindari memberatkan meningkatkan penerimaan daerah melalui
masyarakat dan menghambat investasi daerah dengan melakukan pengembangan atau menggali jenls-jenis pungutan yang baru melakukan riset/review terhadap Perda yang berlaku, untuk selanjutnya dilakukan penyesuaian diantaranya Objek Pajak dan Retribusi dan Tarif Pajak Khusus dalam menetapkan tarif dilaksanakan tidak semata-mata untuk meningkatkan penerimaan namun mempertimbangkan
kemampuan masyarakat mengikuti studi banding ke daerah lain guna menambah wawasan.

Upaya Lain Dalam Rangka Optimalisasi
Pajak dan Retribusi Daerah

1. Memperkuat proses mulai dari pendataan, pemungutan dan penagihan, pemeriksaan dan penilaian.
Melaksanakan Sosialisasi kepada para Wajib Pajak

3. Meningkatkan kapasitas penerimaan melalui perencanaan target secara terukur dan rasional dengan
mempertimbangkan perekonamian daerah dan pencapaian realisasi tahun sebelumnya.

4.Menyusun action plan dan mongidentifikasi permasalahan terkait pajak daerah dan retribusi daerah,
termasuk permasalahan tunggakan

5.Melakukan kerjasama dengan pihak terkait dan langkah inovasi dalam rangka optimalisasi penerimaan.
sistem pembayaran non tunai)

6. Deregulasi dan debirokratisasimemberikan kondisi yg kondusif untuk berinvestasi, izin usaha yang mudah dan batalkan perda yang menghambat.

7, Rutin melakukan pengawasan dan mengefektifkan Tim Saber Pungli

8. Meningkatkan kualitas pelayanan cepat, tepat, ramah, santun, transparan, jujur dan bebas pungli.

Baca juga=Debut Perdana, PS Hartati imbangi Banjarmasin Old Star.

Penulis : Sidik Alfonso/adv
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com