Kelompok Tani Bersujud gelar Syukuran Panen Raya

oleh -218 views

BATULICIN, Kalselpos.com-Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bersujud Desa Salimuran Kecamatan Kusan Hilir, melakukan syukuran dalam panen raya pada selasa (5/11) bersama Bupati dan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca juga=Bank Kalsel Cabang Batulicin Serahkan Hadiah Utama KPE PNS dan CSR

Kepala Dinas Pertanian Tanbu, H. Setia Budi melaporkan ada sekitar 18 kelompok tani di Desa Salimuran dengan luasan lahan garapan tanaman Padi 530 Hektare.

Meski tanaman padi ketergantungan dengan air, dan saat ini Tanbu dilanda kekeringan kurun waktu 5 bulan. namun untuk petani di Desa Salimuran diuntungkan dengan adanya sungai yang sumber air nya dari aliran Sungai Kusan.

Meski demikian, menurut Setia Budi semua ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama yang baik antara masyarakat petani dengan komponen serta Dinas terkait dengan baik.

Menurut perhitungan ubinan lanjut Budi, untuk tiap lahan per hektare nya bisa menghasilkan panen padi sebanyak 10,7 ton Gabah kering.

“Vieritas padi yang dipanen adalah jenis Mikonga. Jenis beras ini nantinya akan di distribusikan kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagian dari beras lokal, yang akan dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan Tanbu,” jelas nya.

Selain daripada itu, Setia Budi memaparkan akan program program dinas yang dipimpin nya. tentang alat mesin pertanian (Alsintan) milik pemerintah daerah, didisribusi bantuan Itik dan tanaman penganti lahan dalam musim kekeringan.

Sesuai dengan arahan Bupati Tanah Bumbu, untuk Alat Mesin Pertanian di gratiskan untuk masyarakat. manakala masyarakat menyewa di tempat umum biayaya nya besar hitungan per karung. tapi dengan adanya Alsintan ini masyarakat tidak perlu menyewa, meraka hanya menyiapkan BBM nya saja.

Sementara untuk bantuan itik yang bersumber anggaran APBN untuk pendistribusian nya sudah mencapai 75%. Sedangkan warga yang daerah nya mengalami kekeringan, Setia Budi menganjurkan agar petani menanam Kol dan Semangka.

Hal itu sudah dibuktikan oleh petani Desa Manunggal Kecamatan Karang Buntang dan Desa Sepakat Kecamatan Mentewe yang telah berhasil menanam Semangka dan Kol.

Dalam Sambutan nya Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor memberikan masukan kepada warga agar senantiasa ber syukur.

Semua ini atas kehendak Alloh SwT dan kerja keras para petani. mudah mudahan berkah ini menjadi berkah yang berkelanjutan ujar H. Sudian Noor.

Terpisah, Bahrian salah satu Kelompok Tani Bersujud kepada Kalselpos ber tutur, pihak nya dan kelompok tani lain nya mengucapkan rasa terimakasih Kepad Pemerintah Daerah atas bantuan selama ini.

Baca juga=Bank Kalsel Cabang Batulicin Serahkan Hadiah Utama KPE PNS dan CSR

“Terlepas dari peranan Alloh SwT ada syariat yang harus kita kerjakan. Semua ini berkat kerja keras semua pihak,”ucap nya.

Penulis:kristiawan
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com