Kapolres Kapuas disambut Ritual Adat Dayak

oleh -493 views

KUALA KAPUAS, Kalselpos.com – Kapolres Kapuas yang baru AKBP Esru Esa Utama SIK, yang dilantik beberapa waktu lalu oleh Kapolda  Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs. Ilham Salahudin SH M.Hum, pertama kali memasuki markas Polres Kapuas, jalan Pemuda KM 3,5 Kuala Kapuas, disambut dengan rangkaian ritual khas Dayak, Jumat (22/11) pukul 13.30 Wib.

Baca juga=Unggul 1 Suara, Irfan pimpin KNPI Kapuas

Hendri Dinan, Damang ( pemuka adat) menyambut dengan meminta Kapolres untuk melipat kain tutup kayu pantan yang akan dipotong bersama istri, dengan maksud kerja sama kapolres dan istri Azizah Esa Estu Utama, selaku Ketua  Bhayangkari dalam menjalankan tugas memimpin Polres Kapuas, lalu dilanjutkan memotong kayu pantan yang berarti menyingkirkan segala yang merintangi untuk kemajuan dan keamanan bersama.

Sebelum kayu pantan terpotong habis, Damang kepala adat bertanya harapan dan keinginan kapolres beserta ibu dalam menjalankan tugas sebagai Kapolres.

“Kita juga melakukan upacara Tapung Tawar sebagai adat kita sebagai simbol membersihkan dan menjauhkan segala pengaruh yang kurang baik agar dapat melaksanakan tugas dengan lancar,” terang Hendri Dinan.

Kapolres Kapuas AKBP Esa Estu Utama SIK, dalam sesi wawancara mengatakan, kedepan akan konsolidasi didalam dulu, sebelum melakukan pendekatan keluar, apalagi kedepan tugas kita akan menghadapi Pilkada Gubernur dan yang terdekat pengamanan jelang perayaan natal tahun baru dan sebagainya. Kita solid karena bersama, dan bersama kita menjadi solid, ungkap AKBP Esa Estu Utama,

Baca juga=Unggul 1 Suara, Irfan pimpin KNPI Kapuas

“Kita berharap sinergi dan kerja sama dengan pihak Media selalu mitra kerja juga terus ditingkatkan, untuk membantu sukses segala kegiatan dan membantu terciptanya keamanan,” ucap Kapolres Kapuas yang sebelumnya menjadi Kapolres Murung Raya Polda Kalimantan Tengah ini.

Penulis:  Iwan Cavalera
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com