Kalsel harus siapkan Sarana Pendukung untuk IKN

oleh -213 views
HM.Rusli

BANJARMASIN, Kalselpos.com – Sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) yang akan direalisasikan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) maka kontribusi Kalimantan Selatan (Kalsel) dinilai memiliki peran yang sangat strategis sebagai Provinsi penghubung.Melihat kenyataan tersebut sudah seharusnya Kalsel mempersiapkan sarana prasarana pendukung guna memudahkan aktifitas yang padat.

Baca juga=Debut Perdana, PS Hartati imbangi Banjarmasin Old Star.

“Ya ini harus dipersiapkan karena Kalsel akan merasakan imbasnya dengan adanya IKN ini,” kata Anggota Komisi III DPRD Kalsel, H Rusli, kepada wartawan Rabu (27/11/2019).

Ia menambahkan, ada 4 sektor yang perlu disiapkan yang memiliki peran penting dan strategis sebagai Provinsi transit di pusat pemerintahan baru nantinya diantaranya infrastruktur seperti jalan , bidang pertanian, perkebunan dan pariwisata.

” sebagai Provinsi penyanga maka mulai sekarang kita sudah harus merencanakan dan menata wilayah kita. Sehingga saat pusat pemerintah baru di Kaltim sudah berjalan, maka Kalsel pun juga siap,” terang politisi Golkar ini

Lanjut H.Rusli, pihaknya akan mengkomunikasikan bersama rekan-rekan dikomisi lain termasuk dari eksekutif guna merumuskan secara bersama sama. Hal ini dikarenakan tidak menutup kemungkinan ada opsi dari pemetintah pusat untuk melebarkan ruas jalan yang menghubungkan antara Provinsi di Kalimantan dengan adanya IKN ini.

” Tak menutup kemungkinan jika ada permintaan dari pusat untuk pelebaran ruas jalan raya yang saling menghubungkan maka provinsi harus menyediakan lahannya,” beber mantan ketua DPRD Kabupaten Banjar ini

Sementara itu Kepala Bappeda Provinsi Kalsel, Ir Nurul Fajar Desira, belum lama tadi juga menyatakan hal yang sama. Menurutnya Bappeda juga sudah memulai melakukan kajian-kajian terhadap dampak positif serta apa saja yang kemungkinan diperlukan untuk menopang segala perubahan jika IKN sudah mulai berjalan di Kaltim.

Baca juga=Debut Perdana, PS Hartati imbangi Banjarmasin Old Star.

“Ya selain pengkajian dan perencanaan yang terkonsep sesuai dengan kriteria ibu kota negara nantinya,” sebut Fazar.

Penulis : Sidik Alfonso
Editor : Aspihan Zain
Penanggungjawab : SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com