H. Sudian Noor Hadiri  Haul KH. Arsyad Pagatan

oleh -627 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Haul Akbar Kubah Pagatan ke 171 Mufti Syekh HM. Arsyad Pagatan bin HM. As’ad Al Banjari digelar di Komplek Makam Kubah Desa Kampung Baru Pagatan Kecamatan Kusan Hilir pada selasa malam (19/11) dihadiri oleh Orang Nomer Satu di Tanah Bumbu, H. Sudian Noor bersama dengan unsur Forkopimda, Anggota DPRD Tanbu, Pimpinan SKPD, Habib dan Ulama di Bumi Besujud dan Ulama luar tanbu.

Baca juga=Bank Kalsel Cabang Batulicin Serahkan Hadiah Utama KPE PNS dan CSR

Haul akbar kali ini seperti biasa diawali dengan syair maulid nabi dilanjut dengan nasyid tahlil kemudian dilanjut dengan peringtan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Syekh H.M Arsyad pagatan salah satu ulama keturunan Syekh Maulana Muhammad Arsyad Al abanjari dari Kota Serambi Mekah Martapura. dilahirkan pada 1765 Masehi. yang pada masa muda nya menghabiskan pendidikan nya di Mekah bersama ke empat saudara nya.

Kurun waktu kurang lebih 25 tahun, dengan belajar dan menuntut ilmu bersama tuan guru dan para syekh termana dan ter masyur di tanah suci. hingga pada suatu ketika dipercaya untuk mengajar di Masjidil Haram.

Setelah itu, sepulang dari pendidikan dan kembali ke Kerajaan Banjar akhir nya mendapatkan gelar Syekh Mufti Lamak atau Syekh Mufti Gemuk.

Setelah membacakan sebuah riwayat dari HM.Arsyad Pagatan oleh KH.Abdul Ghafar Siddiq pengasuh Pondok Pesantren Datuk Kalampayan Pagatan. disampaikan, Beliau meninggal karena sakit setelah menyebarkan ilmu agama islam dan berdakwah serta menyebarkan agama islam dipagatan.

Sebuah perjalanan panjang, usai kesinggahan nya sang Syekh setelah menemui saudaranya yang menjadi Mufti di kerajaan Kutai. setelah itu meninggal dunia kemudian di makam kan di Pagatan.

Baca juga=Bank Kalsel Cabang Batulicin Serahkan Hadiah Utama KPE PNS dan CSR

Sementata itu, setelah menyampaiian siar dan tauziyah KH. Hasanudin bin KH. Badridin menyampaian, peringatan Maulid Muhammad merupakan sebuah sekap dan sikap bi SAW akan cinta kita kepada nya

Penulis:kristiawan
Editor:wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com