DLH Tanbu Kembangkan Biogas untuk Rumah Tangga

oleh -451 views

BATULICIN, Kalselpos.com – Biogas merupakan gas yang telah dihasilkan dari bahan anaerobik atau sebuah proses fermentasi dari bahan bahan organik termasuk diantaranyakotoran manusia, hewan,limbah domestik (rumah tangga) dan lainnya.

Kelebihan dari biogas diantaranya dapat mengurangi efek rumah kaca dan ramah lingkungan, dapat menjadi sebuah mode untuk pengolahan limbah, sebuah proses pembakaran yang tidak komplek polusi serta mengurangi penggunaan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batubara dan gas alam lainnya.

Baca juga=Bank Kalsel Cabang Batulicin Serahkan Hadiah Utama KPE PNS dan CSR

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , Rahmat Prapto Udoyo kepada Kalselpos, jumat (15/11) di Gunung Tinggi.

Menurut Rahmat, DLH Tanbu akan mengembangkan biogas ini dan menularkan ke masyarakat, sebab, biogas ini lebih efektif dan ekonomis.

“Untuk bahan awal peralatan nya hanya membutuhkan biayaya 300.000 hingga 400.000. seperti membeli tabung plastik ketebalan 10 inci, pipa,selang dan ban dalam (bekas mobil),” terang Rahmat.

Disampaikan nya, saat ini DLH sudah berhasil ber eksperimen dan membuat tabung gas sejumlah 20 tabung biogas siap pakai. tinggal diisi kotoran sapi limbang makanan rumah tungga kurun waktu 20 hari sudah bisa difungsikan menggantikan Tabung LPG.

Baca juga=Bank Kalsel Cabang Batulicin Serahkan Hadiah Utama KPE PNS dan CSR

“Mudah mudahan pada akhir Desember nanti, tabung biogas bisa bertambah menjadi 100 unit tabung. untuk dialokasikan,dibagikan dan ditularkan teori biogas ini kepada masyarakat,”ujarnya.

Penulis :kristiawan
Editor:wandi
Penanggung jawab :SA Lingga

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com