Bupati Tapin Kampanyekan Germas Sehat

oleh -361 views

RANTAU, Kalselpos.com – Ratusan warga masyarakat dan Penjabat Pemerintah Kabupaten Tapin seragam memakai baju kuning bertuliskan” #Sehat Dimulai Dari Saya!. Dalam rangka kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin bertempat Dwi Darma Rantau. Jumat (22/11/2019) kemarin.

Baca juga=Garap Laham Serasi, TNI AD 1010 Rantau Gandeng Pengusaha Muda Binuang

Kampanye Germas dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 51 di tandai dengan pelepasan balon germas keudara, penandatanganan kometmen germas, kemudian senam germas, kampanye makan buah dalam hal ini pisang dimakan bersama, dilanjutkan pemeriksaan kesehatan dan pembagian jamu dan sayur secara gratis kepada warga masyarakat yang hadir.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan, kampanye germas dalam rangka mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotuf dan preventif hidupnsehat guna meningkatkan produktifitas penduduk dan menurunkan beban pembiyaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

“Gerakan itu perlu dan terus kita gaungkan agar masyarakat Tapin sadar mau dan mampu berprilaku sehat secara mandiri, ” terangnya.

Prilaku tidak sehat yang berkelanjutan akan menumbuhkan generasi yang tidak berkualitas yang akan menurunkan produktifitas sehingga bermunculan generasi stunting.

“Untuk itu gerakan masayarakat hidup sehat menjadi sebuah pilihan dalam mewujudkan drajat kesehatan masyarakat Tapin yang lebih baik, “katanya.

Pada kesempatan ini pula saya mengajak seluruh warga Tapin untuk bersama melakukan gerakan masyarakat hidup sehat dengan melakukan beberapa hal yaitu membiasakan cuci tangan dengan air bersih dan pakai sabun, melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, memgkonsumsi pangan sehat setiap hari, memghindari asap rokok dan menjaga lingkungan.

“Mari kita lakukan germas untuk mewujudkan generasi sehat dan unggul, kesehatan dimulai dari diri kita sendiri, “ajak Bupati Tapin.

Kepala Dinas Kesehatan Tapin Alfian Yusuf mengatakan, tujuan digelarnya kampanye gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) bagaimana agar semua komponen masyarakat tahu, mau dan mampu menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan

“Artinya Germas, masyarakat diberikan pengetahuan dan kesadarannya agar makin meningkat dan peduli terhadap kesehatannya minimal untuk menolong dirinya sendiri dilaur hal-hal profesional, “katanya.

Oleh karenanya kampanye ini ada tujuh yang harus diketahui masyarakat dalam untuk menjaga kesehatannya diantaranya latihan fisik yaitu berolahraga, makan buah dan sayur, tidak merokok tidak minum alkohol dan pemeriksaan rutin kesehatan di pelayanan kesehatan.

“Melalui kegiatan ini masyarakat peduli kesehatan menjadi informasi agar mereka tahu mau dan mampu untuk selalu menjaga kesehatan, “pungkasnya.

Baca juga=Garap Laham Serasi, TNI AD 1010 Rantau Gandeng Pengusaha Muda Binuang

Turut hadir Pimpinan Muspida Tapin, Ketua TP PKk Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin, Wakil Ketua PKK Hj Mustaidah, Kepala SOPD Lingkungan Pemkab Tapin dan Camat Se Tapin.

Penulis:dillah
Editor :wandi
Penanggung jawab:SA Lingga

 

Pembaca setia kalselpos.com download aplikasi versi android  kami di Play Store

Aplikasi Kalselpos.com